Bagikan ke :

Bitung, Manadosiana.net — Menjelang masa cuti, Walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban (MJL) terus melakukan tugasnya dalam menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) di sejumlah Kelurahan yang ada.

Penyaluran Selasa (02/09/2020) hari ini, Walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban (MJL) memfokuskan penyaluran dan penambahan di Kelurahan yang minim penerimanya.

Yakni di Kelurahan Pasir Panjang Kecamatan Lembeh Selatan, Walikota MJL mempertanyakan jumlah penerima hanya 42 Kepala Keluarga (KK) dari 134 KK yang ada.

Dalam sambutannya, Walikota MJL dilakukannya penambahan bagi kelurahan minim penerima tertuang dalam Peraturan Walikota (Perwako) yang baru terkait nominal BLT akan diterima khusus untuk kelurahan yang jumlah penerimanya sedikit.

“Tolong Asisten maupun Inspektorat yang hadir saat ini, agar mempelajari dan kaji kembali nominal BLT yang akan diterima khusus untuk Kelurahan yang penerimanya sedikit,” kata Walikota MJL.

Ditambahkannya, kalau belum bisa saat ini, mungkin akan dikeluarkan Perwako baru penyaluran BLT tahap kedua.

“Apakah akan ditambahkan jumlah penerimanya atau nominalnya yang ditingkatkan. Termasuk Tenaga Harian Lepas (THL) di kelurahan bisa menerima BLT, asalkan jumlah keluarga penerima di Kelurahan tersebut sedikit,” tambah Walikota MJL.

Menurut MJL, dengan semakin banyak warga yang menerima dana dari pemerintah, maka pertumbuhan ekonomi yang menurun akan kembali positifif saat dilanda pandemi COVID-19.

“Kalau dana pemerintah kita salurkan merata ke masyarakat, maka masyarakat punya uang untuk daya beli. Kalau daya jual beli berjalan lancar, maka roda perputaran ekonomi akan kembali berjalan normal,” tukas Walikota MJL sembari mengingatkan BLT yang diberikan agar dimanfaatkan untuk kebutuhan pokok setiap hari.

“Gunakanlah BLT dari pemerintah ini sebijak mungkin. Jangan beli kebutuhan yang tidak terlalu mendesak seperti, rokok, minuman keras dan sebagainya,” tutup Walikota MJL.

Diketahui, Walikota MJL yang didampingi anggota DPRD Bitung, Indra Ondang, Asisten I Franky Lady dan Asisten II Jeffry Wowiling, Kepala Inspektorat Reyne Suak serta sejumlah Camat maupun Lurah menyalurkan langsung BLT di enam kelurahan yang ada di Lembeh Selatan dan Lembeh Utara. Diantaranya Kelurahan Pasir Panjang, Kelurahan Pancuran, Kelurahan Gunung Woka, Kelurahan Posokan, Kelurahan Batu Kota dan Kelurahan Papusungan.

Sementara terinformasi dari Lurah setempat, kalau jumlah penerima hanya ditetapkan sesuai dengan aturan. Pasalnya, sebagian warga sudah menerima bantuan APBN. (Tim)