Bagikan ke :

manadosiana.net, BITUNG – Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bitung ke-30, Calon Walikota Bitung, Maximiliaan Jonas Lomban melakukan ziarah ke makam mantan-mantan Walikota dan Wakil Walikota Bitung. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa selama memimpin Kota Bitung.

Didampingi istri tercinta Khouni Lomban-Rawung, Calon Walikota petahana Bitung ini mengawali ziarah di makam Wali Kota Administratif Bitung tahun 1975-1979 Wempie Worang di Kauditan, Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Setelah itu, MJL melanjutkan ziarah ke makam Wali Kota Bitung 2 periode 2005-2010 dan 2011-2016 Hanny Sondakh, pada lahan pemakaman keluarga di Maumbi, Kabuoaten Minut, dilanjutkan dengan mendatangi pekuburan Milton Kansil yang menjabat Walikota Bitung periode 2000-2005 di lahan pemakaman Sentosa Maumbi-Minut.

Kunjungan terkahir, MJL melakukan ziarah ke makam mantan Wakil Wali Kota Bitung periode 2005-2010 Robert Lahindo.

Adapun ziarah ke makam Walikota Kota Bitung, Karel Senduk diwakili kerabat dekat MJL mewakili keluarga.

MJL yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Partai Nasionak Demokrat (NasDem) Provinsi Sulut ini, kepada wartawan mengatakan, penghormatan terhadap para pendahulu wajib hukumnya dilaksanakan, apalagi menjelang peringatan HUT ke-30 Kota Bitung. Dia bilang, dirinya sangat merasakan dasar-dasar para pendahulu yang berjuang untuk membangun Kota Bitung.

“Mereka (almarhum) yang meletakan dasar-dasar pembangunan Kota Bitung, wajib diberikan penghormatan, karena Kota Bitung ada dan berkembang saat ini, tak lepas dari jasa dari pendahulu pemimpin Kota Bitung yang kita cintai,”ujar MJL usai melakukan ziarah.

Sekedar diketahui, ziarah ke makam para pemimoin terdahulu ini, rutin dilakukan oleh MJL waktu menjabat sebagai Walikota Bitung sebelum cuti kembali maju bertarung sebagai calon di Pilkada Kota Bitung 2020.