Banjir Bandang Hantam Mawali, Kota Bitung, Ini Upaya yang Sedang Dilakukan BPBD

BITUNG, HEADLINE, NASIONAL236 Dilihat

MANADO –  Banjir Bandang menghatam Kelurahan Mawali, Kecamatan Lembeh Utara, Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu (6/4). Bencana yang terjadi sekitar pukul 23.45 WITA mengakibatkan puluhan rumah terendam lumpur, satu Orang hanyut dan satu jembatan putus.

“Ada sebanyak 50 rumah terendam air dan masuk material lumpur, akar, batang pohon, jembatan patah, Jalan lingkungan tertimbun tanah, 5 rumah dapur dan teras hanyut dan 11 unit rumah rusak sedang dan berat. Sedagkan untuk seorang yang hanyut telah ditemukan dengan selamat,” katanya Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut melalui Sekretaris, Jerry Hamonsina kepada media ini, Minggu (7/4).

Dikatakannya, banjir terjadi akibat intensitas curah hujan tinggi sehingga material berupa akar pohon hanyut terbawa banjir bandang dan menghatam Kelurahan tersebut.

“Pada saat itu terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Material berupa akar, pohon dan lumpur yg berasal dari perkebunan warga hanyut menimpa rumah warga dan air meluap dari sungai karena gorong-gorong tersumbat bambu dan untuk kecamatan Lembeh Utara, akses jalan Tertutup Longsoran, jaringan Listrik padam Sehingga mempengaruhi komunikasi ( Tidak bisa Charge HP),” katanya.

Saat ini BPBD dibantu Masyarakat sedang melakukan pembersihan sisa-sia material serta sementara membuat tanggul sungai yang sebvelumnya hanyut diterpa banjir bandang.

“Kami (BPBD) segera melakukan pembersihan di rumah-rumah, mengangkat material yang mengyumbat gorong-gorong, kami juga sementara membangun tanggul sungai dan mengevakuasi Warga yang rumahnya tertimbun,” katanya sembari menambahkan bahwa kendala BPBD saat ini adalah minimnya alat guna memberwsihkan sisa material akibat bencana tersebut.

Minggu (7/4) bencana banjir dan tanah longsor terjadi lagi di Kota Bitung. Ada sebanyak 11 Kelurahan yang terdampak akibat bencana tersebut. Berikut Wilayah-wilayah yang terdampak Banjir dan Tanah Longsor;

 

TANAH LONGSOR

  1. jalan Duasudara-Pinasungkulan-Batuputih;
  2. Kelurahan Pinasungkulan;
  3. Kelurahan kelurahan Aertembaga (Jalan baru);
  4. Kelurahan Winenet Satu, Lingkungan IV, RT 12;
  5. Kelurahan Winenet Dua, Lingkungan IV, RT 12 (lorong mesjid nurul iman);
  6. Kelurahan Bitung Timur, III, RT 012;
  7. Kelurahan Nusu ;
  8. kelurahan Pateten Tiga, Ling IV. RT 15 ;
  9. Kelurahan Aertembaga dua (Dpn Gereja Alfa Omega);
  10. Jalan Pancurang-bebydol;
  11. Kelurahan Tandurusa, RT 12,13, 15,16;
  12. Kelurahan Madidir Unet, RT 06 dan RT 07

 

BANJIR

  1. Kelurhaan Mawali
  2. Kelurahan Bitung Barat Satu
  3. Kelurahan Motto
  4. Jalan Girian-Batuputih
  5. Kelurahan Kadoodan
  6. Kelurahan Kakenturan Satu
  7. Kelurahan Madidir Unet
  8. Kelurahan Girian Indah
  9. Kelurahan Aertembaga Dua
  10. Kelurahan Wangurer Timur
  11. Kelurahan Pateten Tiga

 

POHON TUMBANG

  1. Kelurahan Bitung Timur (Kompleks PA)
  2. Kelurahan Motto

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *