Bagikan ke :
Julyeta Runtunewe sementara membawakan materi

Manadosiana.net, Manado – Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Manado bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Manado mensosialisasikan gerakan deteksi dini kanker leher rahim pemeriksaan Inspeksi Visual Asetat (IVA) test di Kota Manado, Kelurahan Tongkaina, Jumat, (17/1/2020).

Sosialisasi tersebut dipimpin Ketua TP-PKK Kota Manado, Prof. DR. Julyeta Paula Runtuwene yang juga sebagai Ketua PMI kota Manado dan turut didampingi pemateri, Kepala Puskesmas Kelurahan Tongkaina, Billy Wasida dan Glen Lumitjewas selaku perwakilan PMI.

Selain sosialisasi tentang pencegahan kanker serviks, PMI Kota Manado juga mengedukasi pertolongan pertama pada masyarakat. Masyarakat yang hadir pun turut menyambut dengan baik apa yang disampaikan.

Masyarakat antusias mendengarkan materi dari TP-PKK dan PMI Manado

Julyeta Runtuwene mengatakan, alasan kenapa sosialisasi digelar di Kelurahan Tongkaina, dikarenakan agenda sudah terjadwal dalam program rutin TP-PKK Kota Manado. Termasuk sampai disetiap kecamatan hingga Kelurahan. Alasannya, sosialisasi tentang IVA test sangat penting bagi masyarakat.

“Untuk itu suami siaga antar istri periksa IVA. Dan ini kesempatan emas untuk ibu-ibu mendapatkan pengetahuan tentang pendeteksian pencegahan kanker leher rahim. Termasuk juga saya katakan tadi dari PMI memberikan pengetahuan tentang dasar medis untuk ibu-ibu bapak-bapak tahu dalam melakukan pertolongan awal bila kondisi yang tidak kita harapkan itu (kecelakaan) terjadi di rumah kita,” katanya.

Mengingat, ibu-ibu sangat dekat dengan hal-hal tidak diinginkan, seperti kecelakaan kerja saat sibuk-sibuknya menjaga anak. Kondisi seperti itu yang mungkin terjadi tanpa disadari semua orang.

“Untuk itulah kami hadir. Baik dalam pencegahan dan deteksi kanker serviks sekaligus mengedukasi bagaimana pertolongan pertama. Ingat untuk pemeriksaan IVA test di puskesmas gratis,” ujarnya.

Sementara Billy Wasida menambahkan, bahwa sejalan dengan program pemerintah kota Manado, masyarakat juga didorong memiliki kecerdasan terlebih dibidang kesehatan. Karena berdasarkan data statistik kanker leher rahim di Indon urutan kedua terbanyak di dunia. “Karena itu masyarakat jangan malu untuk datang melakukan pemeriksaan di puskesmas,” ujarnya.

Lurah Tongkaina, Leopard Franklin Tampi usai kegiatan mengucapkan terimakasih kepada ibu Walikota Manado, Julyeta Runtuwene yang sudah memimpin TP-PKK dan PMI Manado untuk melaksanan kegiatan sosialisasi bagi masyarakat Tongkaina.

Leo sapaan akrabnya pun mengaku siap bekerjasama sama dengan instansi manapun untuk datang di Kelurahan Tongkaina guna melaksanakan kegiatan. “Tahun ini kita siap untuk kerjasama dengan semua instansi guna menyambut Tongkaina sebagai Kelurahan Pariwisata di Kota Manado,” ujarnya.

Turut hadir, Sekretaris Dinas Kesehatan Manado, Marini Kapojos, Camat Bunaken, Boyke Pandean dan ratusan masyarakat.

(Anes Tumengkol)