Masyarakat Tongkaina Dilatih Kerajinan Tangan Berbahan Dasar Alam

Bagikan ke :
Masyarakat Tongkaina foto bersama Lurah, Leo Tampi usai membuat kerajinan tangan

Manadosiana.net, Manado – Kelurahan Tongkaina, Kecamatan Bunaken menggelar pelatihan kerajinan tangan dari bahan dasar alam kepada masyarakat, Kamis (17/10/2019) di kantor Kelurahan Tongkaina.

Kegiatan tersebut diinisiatif oleh Lurah Tongkaina, Leopard Tampi bersama jajaran pegawai di kantor Kelurahan Tongkaina.

Leo sapaan akrab Lurah Tongkaina mengatakan, pelatihan kerajinan tangan dibuat untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di kelurahan Tongkaina. Termasuk untuk mendukung Tongkaina sebagai daerah pariwisata.

“Jadi kegiatan dua hari. Hari pertama tadi membuat kerajinan tangan dari tempurung. Besoknya gantungan kunci,” kata Leo ketika menghubungi Manadosiana.net lewat telepon.

“Untuk instruktur disediakan dua orang asal Tongkaina.Pertama bapak Henry Petra Johanis yang karyanya sudah sampai di Mancanegara. Sedangkan Royke Sumarauw merupakan staf di kelurahan Tongkaina yang juga memiliki bakat kerajinan tangan,” ujar Leo.

Nantinya, setelah pelatihan berakhir Kelurahan Tongkaina tetap akan terus membimbing masyarakat.

“Selesai ini kami akan membentuk kelompok kecil masyarakat agar mereka tetap aktif dalam membuat souvernir,” ujarnya.

Pun soal bahan baku kerajinan tangan menurut Leo tidak sulit untuk didapatkan. Karena kelurahan Tongkaina, banyak kekayaan alam yang bisa dimanfaatkan, seperti bambu, kelapa, dan lainnya.

(Anes Tumengkol)

,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *