Peringati Hardiknas, Unsrat Luncurkan Portal Inspire

Bagikan ke :

Manadosiana.net, MANADO – Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2020 bersamaan dengan peluncuran Portal Inspire, Sabtu (02/5/2020).

Dalam sambutannya, Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA mengatakan dalam mewujudkan Visi bersama menuju Unsrat Digital Campus, maka setiap saat Unsrat selalu berbenah untuk mempersiapkan proses pendidikan dan pembelajaran yang optimal dan up-to-date.

“Sejak awal Unsrat telah mengambil komitmen kuat untuk tetap konsisten mengembangkan infrastruktur digital dan sistem informasi yang terintegrasi untuk mendukung seluruh proses baik dibidang akademik maupun non akademik, salah satu wujud dari tekad kita membangun Unsrat digital yakni dengan mempersiapkan sebuah portal digital baru yang kita beri nama Inspire,” tutur Kumaat.

Ellen Kumaat mengutarakan sejak tahun 2010 Unsrat telah memiliki sebuah sistem informasi yang dibeli dari penyedia atau pihak ketiga, yang sampai saat ini masih kita gunakan khususnya untuk mendukung proses akademik.

“Seiring waktu, berbagai kebutuhan baru di bidang akademik maupun non-akademik bermunculan, hal ini yang mendorong Unsrat untuk mulai mengembangkan sistem informasi kampus kita sendiri serta mengurangi ketergantungan pada pihak ketiga,” ujar Ellen Kumaat.

Kumaat menambahkan komitmen ini diwujudkan dengan dibentuknya sebuah Tim Programmer dibawah UPT TIK Unsrat pada awal tahun 2017 dan hingga saat ini telah menghasilkan lebih dari 80 aplikasi.

“Dengan kompleksitas aplikasi yang semakin tinggi tersebut serta untuk mengantisipasi kebutuhan-kebutuhan baru di masa yang akan datang, sangat perlu untuk segera mensinergikan seluruh sistem yang terpisah-pisah ini dalam sebuah portal yang terintegrasi. Untuk itulah maka sejak awal Februari 2020 ini, kita memutuskan untuk membangun sebuah portal yang kita sebut inspire ini (Portal yang terintegrasi),” ungkapnya.

Rektor Unsrat menjelaskan pemilihan nama Inspire terinspirasi dari Unsrat Values yang dikemukakan oleh Dewas Unsrat Welan Palilingan dalam Rapat Kerja Unsrar (17/1/2020) lalu, bertemakan Unsrat Dare to go Digital.

“Dengan demikian melalui portal Inspire ini, kita berharap dapat memberi manfaat yang impactful artinya berdampak positif dan konstruktif bagi proses pendidikan di Unsrat untuk menjaga integritas kita sebagai tenaga pendidik, tenaga kependidikan maupun sebagai mahasiswa untuk tetap belajar dan bekerja secara cerdas dan bertanggung jawab dengan dukungan teknologi informasi yang inovatif sambil tetap menjunjung semangat kolaborasi, menuju Unsrat yang lebih baik,” jelasnya.

Dirinya juga menuturkan portal ini dapat digunakan mulai dari mahasiswa, dosen, pegawai, alumni sampai dengan orang tua mahasiswa, di mana para penggunahanya memerlukan satu akun sign in untuk mengakses layanan-layanan digital yang ada di Unsrat (satu pintu digital).

“Secanggih-canggihnya teknologi, namun jika tidak dibarengi dengan perubahan dalam diri kita sendiri, dalam wujud produktivitas dan efektifitas kerja, maka teknologi itu sendiri akan sia-sia,” ujarnya.

Dengan diluncurkannya portal Inspire ini, Kumaat berharap semua dapat meningkatkan produktivitas kerja dan karya masing-masing, sebagai civitas akademika kampus tercinta ini.

“Seperti kata pepatah Evolve or Die berkembang atau berakhir, Unsrat akan terus berkembang, berbenah, memperlengkapi diri setiap hari, menuju kampus yang unggul dan berbudaya yang telah menjadi visi kita bersama,” tandasnya.(Mineshia)

, , ,

About Mineshia Lesawengen

Mineshia Lesawengen akrab disapa Neshia adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Sudah tertarik menjadi jurnalis sejak duduk di bangku SMA
View all posts by Mineshia Lesawengen →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *