Perdalam Ilmu Jurnalistik, Pers Mahasiswa Acta Diurna Kunjungi Tribun Manado

Bagikan ke :

Manadosiana.net, MANADO – Biro Kegiatan Mahasiswa (BKM) Pers Mahasiswa (Persma) Acta Diurna Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fispol) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, menggelar kegiatan kunjungan media di kantor Tribun Manado, pada Jumat (28/2/2020).

Ketua Persma Acta Diurna Fispol Unsrat, Tiara Piri membeberkan kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja sekaligus rangkain kegiatan Dies Natalis ke-3 Tahun BKM Persma Acta Diurna Fispol Unsrat yang acara puncaknya akan digelar bulan Maret 2020 mendatang.

“Kunjungan media ini sudah ada dalam laporan kerja tahun ini, dan sudah dimasukan kedalam rangkain kegiatan Dies Natalis ke-3 tahun BKM Persma Acta Diura,” bebernya.

Tiara juga mengatakan dari kegiatan ini, banyak hal baru yang dipelajari dari media yang dikunjungi baik dalam proses manajemen bahkan dalam proses peliputan serta penulisan berita.

“Banyak hal yang telah didapat hari ini, yaitu dalam organisasi, proses peliputan bagaimana menyusun sebuah berita dengan akurat sesuai dengan data-data yang didapat di lapangan,” ujar mahasiswa Fispol Unsrat yang kerap disapa Yaya.

Dia berharap kiranya para anggota Persma Acta Diura yang menjadi peserta dalam kegiatan ini boleh mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam kehidupan berorganisasi.

“Kiranya ilmu yang didapat tadi boleh dipraktekan dalan organisasi BKM Persma Acta Diura, terutama dalam proses pembelajaran menulis berita,” harapnya.

Peserta Kunjungan Media bersama Manajer Online Tribun Manado, Aldi Ponge

Di lain hal, salah satu peserta kegiatan ini, Brien Raintung merasa bergembira bisa melakukan kunjungan media di Tribun Manado, baginya ini adalah hal yang pertama dan dia juga merasa senang karena disambut baik oleh pihak Tribun Manado.

“Kedatangan kami disini disambut dengan baik oleh para karyawan dengan senyum yang manis juga dengan pelayanan yang mendukung aktivitas kami dalam melaksanakan diskusi. Dengan sambutan dan pelayan seperti itu seolah-olah kami merasa tidak asing dan merasa nyaman berada di kantor Tribun Manado,” ucapnya.

Dalam kunjungan media tersebut, Brien mengatakan mendapatkan banyak pengetahuan yang memperluas wawasan terkait dengan dunia jurnalistik lebih spesifik tentang Tribun Manado.

“Mulai dari pusat media Tribun, jumlah media Tribun di Indonesia, keunggulan Tribun Manado, data pembaca Tribun Manado baik dalam media cetak ataupun media online, dan pemahaman tentang jurnalistik lainnya, bahkan kami bisa turun langsung melihat proses kerja para karyawan dalam kantor dan melihat ruangan beserta mesin percetakan berita yang belum pernah kami lihat sebelumnya,” jelasnya.

Brien juga mengatakan ada hal yang ingin disaksikan tapi tidak terlaksanakan yakni tentang proses percetakan yang tidak sempat dilihat karena percetakan koran-koran tersebut prosesnya berlangsung agak larut malam sampai dengan pagi hari.

“Kiranya dikemudian hari ketika kami melakukan kunjungan media lagi di Tribun Manado bisa melihat proses percetakan tersebut dan lebih banyak belajar lagi tentang jurnalistik di tempat ini,” ujarnya

Kegiatan ini diikuti oleh 11 orang anggota BKM Persma Acta Diurna Fispol Unsrat, dan kegiatan ini diawali dengan diskusi bersama Koordinator Liputan, Moh Choirun dan Manajer Online Aldi Ponge, ke mudian para peserta diajak untuk melihat lingkup kantor Tribun Manado, mulai dari ruang redaksi online dan cetak hingga ke tempat percetakan koran. (Mineshia)

, , , ,

About Mineshia Lesawengen

Mineshia Lesawengen akrab disapa Neshia adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Sudah tertarik menjadi jurnalis sejak duduk di bangku SMA
View all posts by Mineshia Lesawengen →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *