GM Citraland Janji Akan Memperbaiki Semua Kerusakan yang jadi Persoalan Warga

DAERAH, MANADO42 Dilihat

Manadosiana.net, MANADO – General Manager Citraland (Ciputra Internasional Cabang Manado), Sofyan Khabib berjanji akan memperbaiki semua kerusakan yang dialami warga.

Dikatakannya, semua yang menjadi persoalan, PT Citra Land sudah menjadwalkan untuk dilakukan pengerjaan.

“Semua kesepakatan yang tadi kita sepakati, itu memang kita langsung jawab, oh ini yang (Dikerjakan) kayak gini. Oh ini yang bulan depan (Kerjakan), karena memang semuanya telah kita scedulekan,” ucap GM PT Citra Land, Sofyan Khabib kepada wartawan usai melakukan Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi IV DPRD Sulut yang juga dihadiri beberapa warga Citra Land yang terdampak dalam permasalahan ini, Senin (8/3/2021).

Menurutnya, permasalahan tersebut muncul dikarenakan hujan pada pertengahan bulan Januari 2021 lalu yang mengakibatkan banjir yang menghancurkan pagar rumah warga, serta saluran tergerus yang menimbulkan kecemasan warga Citraland, namun, pihaknya berjanji akan menyelesaikan persoalan tersebut sesuai kesepakatan yang dibicarakan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi IV DPRD Sulut.

“Sebagai warga yang baik, kita diundang di Gedung DPRD yang terhormat ini untuk mendengarkan masukan-masukan dari warga, dari Anggota DPRD. Kita akan tindaklanjuti segera, apa yang sudah menjadi sorotan,” katanya.

Kata Sofyan, Citraland juga akan melibatkan pihak lain. Karena menurutnya, ada bagian yang bukan menjadi tanggung jawab Citraland. Dijelaskannya, untuk persoalan yang terjadi dekat Jalan Ring Road, pihaknya akan berkoordinasi dengan Balai Jalan. Nantinya, lanjut Sofyan mengatakan, Citraland bersama-sama dengan warga akan melakukan mediasi untuk mencari solusi. Namun, apa yang menjadi tanggung jawab Citraland, pihaknya akan langsung mengerjakannya.

“Terkait layanan internet Indi Home, kita juga akan datang bersama-sama ke Telkom. Tapi, apa yang bisa kita kerjakan, kita akan kerjakan langsung. Kalau yang sudah kita scedulkan, itu langsung kita eksekusi. Karena itu sudah dalam scedule, sudah mendapat persetujuan dari pusat, Tapi komunikasi kita dengan warga selama ini yang terputus,”

Kalaupun ada warga yang bilang bahwa permasalahan perbaikan pagar ini sudah lama belum di tindaklanjuti, kata dia, salah satu hal yang menjadi penghambat yakni sulitnya mencari supplier pagar yang memenuhi kualifikasi Citraland. Dia juga bilang supplier pagar yang masuk kualifikasi Citraland hanya ada satu.

“Disini kita kesulitan sekali mencari supplier pagar beton. Disini hanya ada satu yang memenuhi kualifikasi kita. Jadi, saya sampaikan ke mereka (Warga) bahwa itu sudah kita keluarkan perintah untuk membangun kembali pagar tersebut, karena sekarang masih dalam proses dicetak secara manual, belum dalam pabrikasi yang masal, itu perlu waktu. Seperti itu,” katanya.

Lebih lanjut Sofyan memastikan, pambangunan pagar akan dilaksanakan mulai Maret ini, kalau untuk perbaikan saluran, kata Dia, akan dilanjutkan pada bulan April mendatang.

“Semua sudah kita ok kan, semua kok. Tinggal eksekusinya aja. Pagar kita start bulan Maret ini, trus untuk saluran nanti bulan April. Itu sudah dalam perencanaan kita sebelumnya,” ujar Sofyan kembali.

 

Berikut sejumlah poin kesepakatan hasil rembuk antara pihak Citraland dan perwakilan warga Perumahan Citraland Manado ;

  1. Diharapkan kepada pengelola Citraland dapat memperhatikan beberapa fasilitas pengamanan dilingkungan perumahan yang tidak/belum dibuat dan itu berpotensi menciptakan ketidak nyamanan dan dapat membahayakan warga setempat fasilitas tersebut antara lain :
  2. Pagar pembatas kluster Edenbridge dapat mulai dikerjakan pada bulan Maret 2021.
  3. Kerusakan pada parit (drainase) yang sudah sangat besar di kompleks Edenbridge karena lobang dan fondasi yang ada sudah menggantung (dapat dikerjakan pada bulan April tahun 2021).
  4. Terjadi kerusakan akibat longsor di kompleks jalan paving ruko (CMW) dan di dekat gerbang Big Ben.
  5. Diharapkan pengelola Citraland dapat berkoordinasi dengan Balai Jalan Provinsi Sulawesi Utara terkait kerusakan jalan di pintu masuk atau gerbang wilayah Citra Land Minahasa tepatnya di depan patung kuda yang bisa membahayakan kendaraan dan warga yang melintas di jalan tersebut.
  6. Keputusan dan sikap managemen Citra Land :
  7. Menaikan tarif air/lingkungan/keamanan retribusi sampah secara sepihak dan itu diperlukan penjelasan secara detail masing-masing retribusi (minggu ini akan diberikan detail penjelasan harga secara tertulis oleh pihak CitraLand).
  8. Ada standard ganda dalam penerapan jasa jaringan internet Indihome dalam kompleks perumahan untuk dapat dievaluasi paling lambat pada minggu berjalan pada bulan Maret 2021 (Citra Land akanmemfasilitasi pertemuan warga dengan pihak penyedia provider).
  9. Diharapkan pungutan baru di kompeks ruko untuk dicabut oleh pihak pengelola CitraLand.
  10. Ditengah pandemic, dimana ekonomi lagi lesu dan usaha sedang merosot,managemen Citraland bukannya membantu fasilitas kenyamanan dan keamanan di kompleks ruko, malah membuat kebijakan baru dengan menagih biaya sewa walk way di depan pemilik ruko yang sedang berusaha (pihak CitraLand menarik kembali ketentuan penarikan biaya sewa walk way.
  11. Agar dapat lebih diperhatikan dan ditindaklanjuti terkait retribusi keamanan dan kebersihan, diharapkan kepada pihak Citra Land dapat disampaikan secara transparan terkait peruntukannya untuk masyarakat.
  12. Agar dapat lebih diperhatikan dan ditindaklanjuti terkait kebersihan pemukiman penduduk yang tidak ditempati oleh pemilik rumah harap dapat diperhatikan kebersihannya sehingga tidak mengganggu kenyamanan penghuni yang lain.
  13. Agar dapat diperhatikan dan ditindaklanjuti terkait untuk permasalahan sampah agar selalu dapat diperhatikan khususnya jam pengangkutan sampah dapat dilakukan secara rutin oleh pihak pengelolah.
  14. Agar dapat lebih diperhatikan dan ditindaklanjuti terkait kearifan lokal warga Citra land agar dapat dilibatkan dalam bentuk kerjasama asourcing pekerjaan fisik tender dan lain-lain.
  15. Agar dapat lebih diperhatikan dan ditindaklanjuti terkait semua kebijakan yang diambil oleh pihak Citraland harus diketahui dan melibatkan seluruh warga melalui bentuk komunikasi yang intens.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *