Catatan Sejarah, Unsrat Lepas 436 Wisudawan Secara Daring

NEWS23 Dilihat

MANADO, Manadosiana.net – Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado menggelar Sidang Terbuka Senat secara daring, dalam rangka Wisuda Program Doktor, Magister, Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPD-Sp1), Profesi, Sarjana dan Diploma Periode ke-IV Tahun Akademik 2019/2020 di Auditorium Unsrat Manado, Kamis (11/6/2020).

Dalam sambutan Rektor Unsrat, Prof. Dr. Ir. Ellen J. Kumaat, Msc, DEA mengatakan dinamika perubahan dunia senantiasa memberi dampak pada tatanan kehidupan umat manusia, termasuk pelaksanaan wisuda yang merupakan event penting dari tradisi akademik Unsrat.

Srikandi Unsrat ini berkata bahwa auditorium Unsrat yang megah menjadi saksi setiap pelaksanaan acara wisuda yang meriah dan penuh kesan, ribuan kursi auditorium selalu terisi penuh para Wisudawan dan orang tua dengan dihiasi wajah ceria penuh kebahagiaan.

“Hari ini saya berdiri di podium auditorium Unsrat yang sama dalam setiap acara wisuda, namun wisuda kali ini suasana jauh berbeda. Kursi-kursi auditorium terlihat kosong, pandemi covid-19 memisahkan kita, memaksa kita untuk tak bersua secara langsung dalam dua rill, Covid-19 merubah semuanya,” ujar Prof Ellen.

“Dunia masih terus berubah dalam tatanan kehidupan baru (New Normal), kita semua ditantang untuk memberi warna tersendiri berdasarkan kualitas, kreativitas, dan inovasi sebagai penentu keseimbangan baru demi masa depan kita semua,” sambungnya.

Rektor Ellen Kumaat menjelaskan, wisuda yang dilaksanakan secara daring merupakan salah satu bentuk manifestasi yang harus ditempuh dalam upaya mewarnai dan beradaptasi sekaligus sebagai solusi terhadap dampak perubahan akibat pandemi covid-19.

“Berbanggalah karena anda semua diberikan kesempatan mengukir catatan sejarah kehidupan tersendiri lewat wisuda secara daring yang merupakan pertama kali dilakukan oleh lembaga pendidikan diseluruh dunia pada tahun 2020 ini,” pungkas srikandi Unsrat yang telah berjasa memberikan capaian akreditasi A bagi kampus ‘Si Tou Timou Tumou Tou’ itu.

Kumaat juga berpesan kepada para Wisudawan dan Wisudawati, agar manfaatkan ijazah yang telah diperoleh untuk memulai berkasa dan berkarya nyata sesuai bidang keahlian masing-masing dalam membangun masyarakat dan bangsa Indonesia serta dunia pada umumnya.

“Goresakan lembaran baru kehidupan profesional anda sekalian, lewat skill yang anda kuasai demi perubahan kearah yang lebih baik, saya titipkan citra almamater lewat tindakan, etos kerja, dan integritas sebagai alumni Unsrat dengan tetap berpegang teguh pada filosofi Unsrat Si Tou Timou Tumou Tou, Manusia hidup untuk memanusiakan manusia lain,” pesan Rektor.

“Cita-cita mulia akan memberdayakan anda semua, melampaui setiap rintangan yang dihadapi, tetaplah fokus dan ingatlah bahwa kehidupan ini hanya akan bermakna jika anda selalu memberi dampak positif dan bisa menjadi berkat bagi orang lain serta dunia yang telah berubah ini, terbukalah terhadap perubahan dan manfaatkan itu sebagai peluang untuk sukses,” tutup Prof Ellen Kumaat.

Tercatat Sebanyak 4 lulusan Program Doktor (S-3), 23 lulusan program Magister (S-2), 24 lulusan PPDSp-1, 67 lulusan Profesi, 312 lulusan Sarjana, dan 6 lulusan Diploma, dengan jumlah keseluruhan 436 Wisudawan dan Wisudawati Unsrat dilantik Rektor Unsrat.

“Dengan demikian, sampai saat ini lulusan Universitas Sam Ratulangi seluruhnya berjumlah 92.958 orang,” ucap Wakil Rektor (WR) I Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Grevo S. Gerung, M.Sc dalam penyampaian laporan peserta upacara Wisuda  dan lulusan Unsrat Manado. (Mineshia Lesawengen)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *