Bangkitkan Sektor Pariwisata di Masa New Normal, Pemprov Gelar Event Sulut Hebat Cycling “Tour de North”

Bagikan ke :

Manadosiana.net, MANADO – Mengangkat Kebudayaan dan Keindahan Bumi Nyiur Melambai khususnha di Tanah Toar Lumimuut Minahasa, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bekerjasama dengan KONI dan KNPI akan menggelar event bertajuk  Sulut Hebat “Tour de North Sulawesi”.

Event Nasional yang Penuh Ikon Bersejarah dan Tantangan Seru ini, akan dilaksanakan, 21 Agustus 2021 mendatang. Dukungan akan diselenggarakannya acara ini merupakan salah satu komitmen Pemprov Sulut untuk terus memperkenalkan kebudayaan dan keindahan bumi Minahasa kepada masyarakat Indonesia, dan juga sebagai salah satu strategi pemulihan sektor pariwisata dimasa New Normal.

Event ini akan memacu adrenalin para pesepeda, dimana para peserta nantinya akan menempuh jarak kurang lebih 100 Kilometer. Peserta akan memulai perjalanan penuh ikon bersejarah dimulai mulai dari Desa Kolongan, Tetempangan, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), dan berakhir di Benteng Moraya, Tondano Utara, Kabupaten Minahasa

“Pemprov Sulut mendukung acara Sulut Hebat “Tour de Sulawesi” ini karena kami ingin
terus mengangkat pariwisata keindahan dan kebudayaan daerah Minahasa. Kami ingin ingin rakyat Indonesia datang dan menikmati cantiknya bumi Minahasa” ujar Gubernur Sulut Olly Dondokambey,

Sementara itu, Ketua Panitia acara Sulut Hebat “Tour de North Sulawesi” Alvin Taulu mengatakan, selain memasyarakatkan olahraga, khususnya olahraga bersepeda; tujuan utama dari acara ini adalah untuk memperkenalkan bumi Minahasa sebagai salah satu destinasi wisata Indonesia yang wajib dikunjungi. Lanjut Alvin mengatakan, pada event nanti, para peserta akan berpetualang melewati banyak ikon dan Landmark bersejarah Minahasa.

“Seperti misalnya Jembatan Soekarno, Zero Point, Pemandangan Tinoor, Danau Tondano dan masih
banyak lagi. Arah Rute yang akan dilewati nanti, akan membawa para pesepeda melewati pusat kota Manado, menyusuri pantai dengan pemandangan lautnya yang biru bening, rute bukit yang penuh tantangan lalu dibawa melewati indahnya pegunungan sembari menghirup udara yang menyegarkan.

Lebih lanjut Albin menjelaskan, para peserta akan mendapatkan pengalaman yang tidak akan didapat di acara sepeda yang biasa-biasanya. Karena menurutnya, trak yang akan dilewati oleh para peserta sangat instagramable.

“Dari kota, pantai, bukit, sampai gunung. Kami ingin para pesepeda start fresh – finish happy and strong. Mari jo ikut, kami jamin pasti ingin kembali lagi,” katanya.

Adapun untuk Sulut Hebat Cycling “Tour de North Sulawesi” ini akan menempuh jarak kurang lebih
100 KM, dimana peserta akan dilepas di garis start mulai dari Kolongan, Tetempangan, Minahasa Utara menuju garis finish di Benteng Moraya, Tondano Utara, Kabupaten Minahasa. Acara ini rencananya akan dibuka langsung oleh Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw.

“Gubernur Olly Dondokambey sudah menyatakan akan membuka langsung acara ini bahkan ada sebagian pejabat, salah satunya adalah Wagub Sulut Steven Kandouw yang juga akan ambil bagian dalam kegiatan Sulut Hebat Cycling “Tour de North Sulawesi” ungkap Alvin.

Adapun yang disampaikan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, dirinya akan ikut menjadi peserta untuk memeriahkan event tersebut.

“Saya rencananya ikut berpartisipasi dalam Sulut Hebat Cycling “Tour de North Sulawesi”. Saya ingin mengajak dan memotivasi teman-teman dan masyarakat untuk rajin berolahraga. Apalagi di era new normal ini dimana kita semua dituntut untuk jaga kesehatan. Tentunya jangan lupa berolahraga yang smart dengan terus waspada tanpa melupakan protokol kesehatan” ujar Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, yang juga Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Utara.

Sementara itu, Ketua Women’s Cycling Community, Tabitha Sumendap menyambut antusias event ini. Dia bilang dirinya dan beberapa komunitas sepeda seperti Manado Cycling Mania (MCM), WCC Manado, Tondano Cycling Loop serta komunitas pesepeda wanita terbesar di Indonesia yakni Womens Cycling Community (WCC) siap berpartisipasi pada event tersebut.

“Saya dan kawan-kawan WCC semangat dan sangat menyambut baik acara ini, karena kegiatan ini sangat positif dan harus didukung. Saya mau mengajak teman-teman WCC diseluruh nusantara dan tentunya komunitas pesepeda lainnya untuk ikut serta mensukseskan Sulut Hebat “Tour de North Sulawesi” ini,” ujarnya ketika ditemui di sela-sela acara konperensi pers Sulut
Hebat “Tour de North Sulawesi”yang diadakan di Casa Baku Dapa, Manado, Kamis (27/5/2021).

Sementara itu Ketua Kamar Dagang Indonesia (KADIN) dan Komite Nasional Pemuda Indonesia
(KNPI) Sulawesi Utara, Rio Dondokambey sangat mengapresiasu serta  menyambut baik adanya Sulut Hebat Cycling “Tour de North Sulawesi” ini. Menurutnua, sebagai perwakilan dari organisasi anak-anak muda, dirinya ingin mengundang para pesepeda untuk traveling ke Manado, untuk bersepeda bersama berkeliling bumi Minahasa dan mencicipi makanan khas Minahasa. Dirinya juga bangga karena pada event ini, rencananya akan diikuti oleh beberapa artis Nasional.

“Gak kalah lho dengan destinasi wisata lainnya di Indonesia. Begitu datang sekali, pasti akan rindu mau datang lagi. Karena ada yang bilang kalau Tak Kenal Maka Tak Sayang”. Sulut Hebat Cycling “Tour de North Sulawesi” akan diramaikan oleh komunitas pesepeda Lipstick Rider Saya yang anggotanya merupakan gabungan dari artis papan atas dan selebgram Indonesia diantaranya adalah Luna Maya, Anya Geraldine, Nirina Zubir serta Miss Indonesia 2009 Kerenina
Sunny,” katanya.

Dirinya pun berharap event ini akan diselenggarakan setiap tahun. Dia juga minta agar semua stakeholder turut bekerjasama mensukseskan kegiatan ini agar berjalan sesuai apa yang direncanakan.

“Karena tidak menutup kemungkinan acara ini akan dibuat secara tahunan oleh karena itu kami ingin dapat bekerjasama dengan kepala-kepala desa dan masyarakat setempat untuk bisa turut serta mensukseskan acara ini dengan menjaga keamanan dan ketertiban desa yang akan dilewati.” katanya.

Bagi Anda yang ingin ikut dalam event tersebut, Panitia akan mulai buka Pendaftaran pada bulan Juni. Atau silakan cek di Instagram @suluthebatcycling dan Facebook “Sulut Hebat Cycling”.

, , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *