Tak Memenuhi Syarat, KPU Manado Nyatakan KaKi Gugur

MANADO, POLITIK24 Dilihat
Ketua KPU Manado Jusuf Wowor menyerahkan berita acara hasil keputusan kepada Frangky Kambey

Manadosiana.net, Manado – KPU Kota Manado, Rabu (29/7/2020) pukul 01:50 pagi, menyatakan bakal calon pasangan jalur independen Wali Kota Manado, Frangky Kambey dan Daud Kirojan (KaKi) gugur karena tidak memenuhi syarat dukungan.

Ketua KPU Manado, Jusuf Wowor menyerahkan berita acara hasil keputusan ke Komisioner Bawaslu Manado, Heard Runtuwene

Keputusan tersebut disampaikan secara resmi lewat rapat pleno hasil pengecekan pemenuhan jumlah dukungan dan sebaran dukungan dalam pemilhan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado tahun 2020 masa perbaikan oleh Ketua KPU Manado, Jusuf Wowor bersama Komisinoner KPU Manado, Sahrul  Setiawan, Sunday Rompas, Abdul Gafur Zubair yang dihadiri langsung KaKi dengan turut diawasi Ketua Bawaslu Manado, Marwan Kawinda dan Heard Runtuwene.

Jajaran Komisioner KPU Manado

Jusuf Wowor mengatakan, dari jumlah dukungan diserahkan 46.558 yang lengkap 32.050. Sedangkan jumlah dokumen yang tidak lengkap 14.608. Untuk itu berdasarkan hasil pengecekan dukungan bakal pasangan calon perseorangan dinyatakan tidak memenuhi syarat perbaikan dan sebaran sehingga dokumen dukungan ditolak.  “Dokter  Kambey dan Dokter Kirojan tidak memenuhi syarat. Dan selanjutnya kami (KPU) menolak,” kata Jusuf Wowor.

Sahrul Setiawan pun menambahkan, proses pemeriksaan syarat dukungan calon pasangan jalur independen telah selesai.  “Proses ini sudah menjadi titik terakhir. Karena tidak memenuhi syarat minimal dukungan maka tidak lanjut lagi ke proses verifikasi administrasi. Terkait gugatan, tinggal tergantung dari pasangan calon langkah apa yang akan mereka ambil sendiri,” ujarnya.

Sementara itu, Frangky Kambey terlihat dengan lapang dada menerima keputusan KPU Manado. “Sudah dengar sendiri toh, tidak memenuhi syarat. Untuk saat sekarang kami menerima,”. Saat ditanya apabila ada partai politik yang akan mengusung dirinya maju bertarung di Pilwako Manado, Kambey dengan tegas menegaskan tidak ingin menerima. “Belum saatnya. Catat, saya menolak,”.

(Anes Tumengkol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *