KPU Manado Gelar Simulasi Pemungutan Suara

Bagikan ke :

Manadosiana.net, Manado – KPU Kota Manado menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, Walikota serta Wakil Walikota Manado Tahun 2020 di Lapangan Bantik Malalayang, Sabtu (21/11/2020).

Kasubag Teknis KPU Manado, Fachrudin Lauma mengatakan, simulasi tersebut dilaksanakan dimulai sejak pukul 07:00 Wita dengan menggunakan protokol kesehatan, sebagaimana yang akan dilakukan 9 Desember 2020 nanti.

Artinya setiap pemilih yang datang wajib mengikuti protokol kesehatan, salah satunya wajib memakai masker.

Bahkan disela-sela kegiatan, kalau TPS sepi langsung dilakukan penyemprotan disinfektan yang dilakukan petugas.

Dia pun menjelaskan, proses awal pemilih masuk TPS hingga keluar dengan  melakukan pencoblosan. Pertama, pemilih masuk ruang tunggu yang telah disediakan.

Selanjutnya secara bergilir satu persatu cuci tangan dengan jaga jarak, ukur suhu tubuh di depan pintu masuk dan mengecek namanya didaftar pemilih tetap. Apakah terdaftar atau tidak. Kalau terdaftar tanda tangan daftar hadir dan lanjut ambil surat suara untuk ke bilik bila tidak ada antrian.

“Tapi kalau masih ada antrian di bilik pencoblosan, silahkan tunggu di tempat duduk yang telah disediakan,” katanya sambil menunjuk tempat tersebut.

Lanjutnya, setelah berada di bilik dan telah melakukan pencoblosan, pemilih langsung bisa berjalan untuk mengisi kotak suara dengan suara suara yang sudah tercoblos.

“Kalau sudah, dia (pemilih) lanjut ke petugas untuk menerima tetesan tinta untuk mencegah penularan virus, setelah itu keluar, jadi untuk memilih diperkirakan hanya memakan waktu sekitar 5 menit,” ujarnya.

(Anes Tumengkol)

,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *