Disosialisasi, KPU Manado Targetkan Partisipasi Pemilih di Pilkada

MANADO29 Dilihat

Manadosiana.net, Manado – KPU Kota Manado menggelar sosialisasi dan pendidikan pemilih pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado serentak lanjutan tahun 2020, Jumat (9/10/2020).

KPU Kota Manado giat melakukan sosialisasi supaya semua elemen masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam menyukseskan pemilihan serentak 9 Desember 2020 nanti.

Sosialisasi tersebut turut dilibatkan, Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Kota Manado, Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Kota manado, Netflid Kota Manado, Lembaga Survey Indo Barometer Perilaku Masyarakat Indonesia, MAPPILU Kota Manado, dan awak media.

Dikesempatan itu, Ferry Daud Liando yang merupakan dosen Tata Kelola Pemilu Universitas Samratulangi (Unsrat) diundang untuk memberikan pendidikan politik.

Ferry Liando pun memberikan materi tentang ciri-ciri pemilih berkualitas. Karena menurutnya, peran masyarakat dalam pilkada sangat penting.

“Semua masyarakat mempunyai hak untuk memilih. Jadi tidak ada mekanisme menghalangi kita untuk dapat memilih dan datang di TPS,” katanya.

Menurutnya, siapapun yang akan dipilih dalam pilkada nanti,  masyarakat harus datang guna mensukseskan pilkada. Bahkan bukan hanya datang di TPS namun bisa mengajak orang agar bisa datang memilih.

“Karena hak politik masyarakat bukan hanya memilih namun mendapatkan informasi. Media pun merupakan unjuk tombak supaya pilkada menjadi berkualitas,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Manado, Jusuf Wowor mengatakan KPU Manado akan bekerja sesuai dengan regulasi. Mengingat KPU punya tanggung mensukseskan pilkada 9 Desember.

“Kita pun memastikan pilkada berjalan sehat. Dan pasca pilkada Kota Manado tetap kondusif. Kita juga menargetkan partisipasi pemilih di 9 Desember. Lewat partisipasi ini kami tetap berbenah menghadapi 9 Desember,” terangnya.

(Anes Tumengkol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *