Sekretariat DPRD Gelar Bimtek, Silangen: Sangat Bermanfaat Bagi Tugas DPRD Untuk Mensejahterakan Rakyat Sulut

Bagikan ke :

Manadosiana.net, MANADO – Mantapkan Tugas Pokok dan Funsi para Legislator, Sekretarit Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek), Selasa (27/4/2021), di Hotel Mercure, Desa Tateli, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Dalam kegiatan itu dihadiri beberapa Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut. Dalam kegiatan itu menghadirkan dua moderator dari Jakarta yakni, yang pertama seorang staf ahli dari Kementerian Dalam Negeri DR Sugeng Hariyanto dan Samsul Rahman.

Pimpinan dan anggota DPRD Sulut foto bersama disela kegiatan Bimtek. (Foto: Febry Kodongan)

Pada kegiatan Bimtek itu dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dibawakan oleh staf ahli dariKementerian Dalam Negeri yaitu DR Sugeng Hariyanto. Pada kesempatan itu, pejabat Eselon I di Kementerian Dalam Negeri ini, membahas terkait kegiatan Reses serta permasalahan Pokok pikiran. Menurutnya, terkait reses itu sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan 23 Tahun 2014.

“Sudah ditetapkan dalam undang-undang bahwa dalam kegiatan reses itu sudah dibagi. Yang dari provinsi seperti apa dan untuk DPRD kabupaten dan kota seperti apa. Jadi sudah tidak bisa lari dari ketentuan yang dilampirkan dalam undang-undang 23 itu,” kata Sugeng.

Pimpinan dan anggota DPRD Sulut foto bersama disela kegiatan Bimtek. (Foto: Febry Kodongan)

Dirinya pun mengapresiasi kegioatan yang dilaksanakan oleh pihak Sekretaria DPRD Sulut dibawah kepemimpinan Glady Kawatu. Kata dia, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi untuk menjadi pegangan para pimpinan dan anggota DPRD Sulut dalam menjalanjan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) yang mengemban tugas sebagai wakil rakyat. Menurutnya, pelaksanaan Bimtek ini cukup bagus, khususnya bagi anggota dewan yang baru. Dia juga bilang,  Bimtek seperti ini sangat perlu dilakukan oleh anggota DPRD, karena banyak hal baru akan didapati yang berhubungan langsung dengan Tupoksi sebagai wakil rakyat.

Ketua DPRD Sulut Fransiskus Andi Silangen didampingi Sekretaris DPRD Sulut Glady Kawatu dan Kabag Keuangan Dammy Tendean memberikan cenderamata kepada DR Sugeng Hariyanto. (Foto: Febry Kodongan)

“Seperti persoalan yang terjadi lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), terkait juga dengan perpres nomor 33 yang banyak mengurangi uang honor untuk pelaksanaan reses. Karena ini perlu juga untuk disampaikan kepada mereka (anggota DPRD) agar dalam menjalankan tugasnya, bisa lebih baik lagi dan menyelesaikan tugasnya dalam menampung dan meneruskan aspirasi warga,” katanya.

Sementara, Ketua DPRD Sulut, Dr Fransiskus Andi Silangen mengatakan, kegiatan Bimtek ini sangat bermanfaat. Dia meyakini bahwa, apa yang didapatkan dalam Bimtek itu akan sangat bermanfaat bagi tugas-tugas pimpinan dan anggota DPRD untuk mensejahterakan Masyarakat Sulut.

Ketua DPRD Sulut Fransiskus Andi Silangen didampingi Wakil Ketua DPRD Sulut Victor Mailangkay dan Sekretaris DPRD Sulut Glady Kawatu, memberikan cenderamata kepada Samsul Rahman. (Foto: Febry Kodongan)

“Saya yakin dan percaya, apa yang kita dapatkan ini, akan bermanfaat bagi tugas-tugas di DPRD Sulut, dengan satu tujuan rakyat sulawesi utara semakin sejahtera. Tuhan memberkati kita semua, dan apa yang diberkati Tuhan, diberkatilah untuk selama-lamanya” pungkas Ketua DPRD Sulut, Fransiskus Andi Silangen.

, , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *