PKM F-MIPA Unsrat: Peternak di Molas Diajarkan Pemanfaatan Kotoran untuk Substitusi Pakan Ternak

SAINS & TECHNO45 Dilihat

Manadosiana.net, MANADO – Memanfaatkan kotoran ayam sebagai substitusi sebagian pakan ternak dengan tekonologi Effective Microorganis (EM4) menjadi bahan penyuluhan yang diberikan oleh Drs Deidy Y Katili Msi dan Drs Marnix LD Langoy untuk para masyarakat peternak di Kelurahan Molas, Kecamatan Bunaken, Kota Manado.

Penyuluhan yang merupakan bagian dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang digelar Fakultas MIPA, Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) ini, merupakan bagian dari Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai pengaplikasian Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dalam kesempatan tersebut, Drs Deidy Y Katili Msi dan Drs Marnix LD Langoy memberikan penyuluhan, jika teknologi EM4 bisa sangat membantu para peternak untuk mengembangkan peternakan mereka.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat yang jadi sasaran pelatihan atau penyuluhan ini, tentang Pemanfaatan Kotoran Ayam sebagai Substitusi Pakan Ternak dengan Teknologi EM4,” ujar Katili.

“Memang masih belum banyak peternak yang mengetahui metodologi atau teknologi ini. Untuk itu kami memberikan penyuluhan dan pelatihan untuk mereka para peternak,” kata Katili kembali.

Sekadar diinformasikan PKM F-MIPA Unsrat adalah aplikasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, dimana diajarkan mengenai pengabdian kepada masyarakat.

nani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *