Bagikan ke :

Mamadosiana.net, MANADO – Pembukaan acara Dies Natalis Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fispol) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado yang ke-56, dilaksanakan secara virtual melalui media Zoom, Rabu (9/9/2020), dengan tema, ‘Tingkatkan Kualitas Pendidikan Serta Semangat Kebersamaan yang Berlandaskan Nilai-Nilai Kebangsaan di Era Kebiasaan Baru’ acara ini dibuka langsung oleh Rektor Unsrat, Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA.

Dalam sambutannya, Ellen Kumaat mengatakan di masa pandemi ini, khususnya civitas akademika Fispol Unsrat, masih dapat menyelenggarakan kebiasaan yang nampak bagi perguruan tinggi adalah suatu keniscayaan jika kita tidak dapat melaksanakan kegiatan Dies Natalis seperti ini.

“Walaupun di tengah Covid-19 yang membatasi keberadaan kita bertemu seperti saat ini, tetapi semangat kita tidak pernah padam untuk terus melanjutkan tugas dan tanggung jawab kita semua,” ujar Kumaat.

Kumaat menambahkan, bahwa Civitas Akademika Unsrat harus mampu memperlihatkan, teristimewa Fispol adalah merupakan kumpulan akademisi yang cerdas dan kreatif yang mampu mengubah hambatan menjadi peluang, mengubah ancaman menjadi kekuatan dan meninggalkan kelemahan menjadi kekuatan.

“Fispol Unsrat, sekarang sudah berusia 56 Tahun, usia yang seharusnya sudah mapan, di era kebiasaan baru mari buktikan bahwa Unsrat adalah yang terbaik, Fispol adalah salah satu bagian dari yang terbaik ini,” tuturnya.

Rektor Unsrat, Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA

Dengan segala keterbatasan ini Rektor Ellen mengajak seluruh civitas akademika Fsipol Unsrat, untuk buktikan dan perlihatkan kepada publik bahwa bobot pendidikan semakin berkualitas.

“Peran-peran sosial kemasyarakatan kita semakin kuat dan kelihatan manfaatnya, tentu itu semua akan kita capai jika kita memiliki intergritas keilmuan yang kuat dan dilaksanakan atas dasar semangat keberasamaan yang berlandaskan pada nilai-nilai kebangsaan,” ucap Ellen.

Dalam sambutan Dekan Fispol Unsrat, Dr. Drs. Novie Revlie Pioh, M.Si, mengatakan meski kegaiatan ini dilaksanakan secara virual dikarenakan pandemi Covid-19, tidak mengurangi makna dalam acara pembukaan ini.

“Dies Natalis Fispol Unsrat Ke-56, harus dijadikan momentum meningkatkan kualitas serta prestasi kerja, karya dalam berinovasi untuk kemajuan Fispol bahkan Unsrat itu sendiri,”

Pioh juga mengatakan, acara ini untuk mempererat  kebersaaman civitas akademika Fispol Unsrat, dan juga sebagai komitmen untuk rasa cinta terhadap institusi Fispol Unsrat.

“Lebih memperkenalkan juga, pada masyarakat bagaimana keberadaan Fispol Unsrat yang semakin lama semakin mengalami kemajuan, oleh karena mengikuti gerak laju kemajuan Unsrat yang  begitu pesat. Fispol sebagai parameter pendidikan sosial, oleh karena itu perlu terus memberikan semangat, agar dapat memberikan manfaat bagi nusa dan bangsa,” tandas Pioh.

Dekan Fispol Unsrat, Dr. Drs. Novie Revlie Pioh, M.Si

Dalam sambutan ketua panitia, Dr. Dra Femmy M.G Tulusan M.Si, menyampaikan rangkaian acara kegiatan yang akan diselenggarakan dalam rangka memperingati dies natalis Fispol Unsrat.

“Yaitu Webinar Politik Kebangsaan, selanjutnya ada Lomba kebersihan antar jurusan dan sub bagian, lomba pidato Bahasa Inggris antar mahasiswa, webinar, pengabdian pada masyarakat, Ziarah ke makam mantan-mantan Dekan Fispol Unsrat, dan terakhir acara puncak dengan agenda, Rapat sidang senang terbuka, yang semuanya itu akan dilakukan secara daring,” bebernya.

Femmy berharap bahwa walaupun dalam keadaan yang terbatas dalam era kebiasaan baru, semua acara yang sudah panitia rencanakan boleh terlaksana dengan baik.

Dalam acara pembukaan ini, diikuti oleh seluruh dosen dan mahasisawa Fispol Unsrat, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unsrat, Drs. Ronny Gosal, M.Si, para Dekan dan wakil dekan, Ketua-ketua lembaga, ketua-ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Kordinator Program Studi, dan para Alumni Fispol Unsrat. (Mineshia)