Mall di Manado Akan Dibuka Secara Bertahap, Pekerja KTP Manado Diprioritaskan

NEWS37 Dilihat

Manadosiana.net, MANADO – Terkait  akan dimulai kembali aktivitas mall di kota Manado yang sebelumnya telah direncanakan akan dibuka pada 1 Juli 2020, namun karena kondisi kota Manado yang berada di zona merah, maka rencana tersebut ditunda.

Wali kota Manado, Dr. Ir. G.S Vicky Lumentut, SH, MSi, DEA menyampaikan bahwa mall yang ada di kota Manado akan segera dibuka secara bertahap.

“Kita akan buka aktivitas di mall secara bertahap, kalau ditutup terus ekonomi kita juga akan lumpuh, tetapi kalau kita bukakan zona merah ini akan sangat sulit dikendalikan, karena itu kita bersepekat  secara bertahap sambil terus mengedukasi masyarakat kita, karena masyarakat kita masih ada yang tidak patuh dengan protokol kesehatan. ” ujar Vicky Lumentut kepada awak media saat mengunjungi salah  satu mall yang ada di kota Manado, Jumat (3/7/2020).

Dirinya menjelaskan ada empat tahapan yang akan dilakukan, yang pertama 30% dari kapasitas di dalam mall bisa dilakukan,  baik petugas, pelayan-pelayan di dalam mall, dan pengunjung yang masuk.

“Kalau dua minggu tahap pertama ini aman-aman semua, kita bisa tingkatkan 50% ditahap kedua, kalau tahap kedua ini aman, kita masuk pada tahap ketiga 75% kita bukakan, dan ditahap terakhir kalau semua tidak ada persoalan, daerah kita sudah keluar dari zona merah, kita bisa bukakan 100%,” jelas Lumentut.

Dan untuk tahap pertama ini, Lumentut menyampaikan dengan tegas akan memprioritaskan para pekerja yang berKTP kota Manado untuk masuk bekerja saat aktivitas mall akan dibuka.

“Rakyat saya yang harus saya lindungi dan prioritaskan pertama,” tandasnya.

Lumentut meminta peran serta dari pihak mall untuk serius mengawasi dalam mengawal protokol kesehatan, dengan tetap mengingat jangan sampai ada cluster baru.

“Kalau sampai ditemukan ada satu reaktif dari mall, maka mall itu kita akan tutup sementara sambil itu disterilisasi kembali,” kata Lumentut.

Lumentut juga menyampaikan kepada para pengelola mall, ketika akan dimulainya aktivtas di mall,  harus pastikan bahwa para pekerja tidak membawa virus corona.

“Karena ini mereka wajib melakukan rapid test, dan itu bagian dari zona merah. Dan untuk memastikan mereka non reaktif, kalau mereka sudah test, kami akan berikan kartu tanda bahwa dia sudah dirapid dan non reaktif, boleh melakukan aktivitas di dalam mall bagi pekerja disini bukan bagi pengunjung,” kuncinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *