Bagikan ke :

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara buka-bukaan soal anggaran Pemilihan Kepala Daerah di 7 Kabupaten/Kota. Kegiatan bertajuk “Festival Anggaran” tersebut dilaksanakan untuk memberikan informasi seluas-luasnya kepada khalayak masyarakat terhadap Rencana Kerja dan anggran (RKA) yang di kelolah KPU Sulawesi Utara pada penyelenggaraan Pilkada Serentak di 7 Kabupaten dan Kota Tahun 2020.

“Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan, dan ini sifatnya adalah inisiatif dari kami sendiri supaya kemudian bisa memberikan sisi-sisi acara yang berbeda untuk warga sulawesi utara. Dan, manfaat pentingnya adalah bagaimana masyarakat bisa mengetahui  bahwa anggaran  pilkada yang kami kelolah itu dimanfaatkan secara  baik dan  benar pada setiap proses tahapan  penyelenggaraan sampai akhir tahapan penyelenggaraan tersebut,” ujar Komisioner KPU Sulawesi Utara Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM, Salman Saelangi, S. Kel, Kamis (29/1/2020).

Kegiatan tersebut, dikatakannya sekaligus akan dilaksanakaan launching Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang digelar Jumat (31/1) di Kawasan Mega Mas, Kota Manado. Salman menjelaskan,kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari penuh, KPU Sulawesi Utara akan menyiapkan 7 stand dari KPU Kabupaten/Kota, Isi dari stand-stand tersebut, intinya memperlihatkan terhadap RKA dan juga tentang penyelenggaraan Pilkada

“Kemudian ada juga satu stand dari KPU Provinsi yang juga akan mengekspos anggaran pilkada yang kami lakukan pemilihan serentak ini. Ini disebut dengan festival anggaran,” tukasnya.

Salman mengatakan, kegiatan ini dimulai pukul 11:00 WITA, KPU Sulawesi Utara akan melaunching maskot dan lagu Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur di Pilkada serentak Tahun 2020 serta melaksanakan bebrapa lomba diantaranya Masamper, Yel-yel, Dance Competition dan Night Run. Kegiatan tersebut menurut Salman, rencananya akan dibuka secara langsung oleh Ketua KPU Republik Indonesia (RI), Arief Hidayat, turut mengundang Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, SE untuk memberikan sambutan dan  Forum Komunikasi Pimpinan daerah (Forkopimda) serta seluruh peserta pemilu tahun 2019. Untuk itu, KPU Sulawesi Utara mengajak seluruh masyarakat untuk hadir daloam kegiatan tersebut.

“Mari sama-sama hadir di acara launching tanggal 31 Januari untuk masyarakat sulawesi utara  untuk bisa berpartisipasi secara penuh,” pungkas Salman.

Dalam kegiatan tersebut masyarakat Sulawesi Utara akan dihibur oleh group musik DJ yakni Basgilano. Di puncak acara nanti, KPU Sulawesi Utara akan mengumumkan para pemenang lomba.

Perlu diketahui, Anggaran Pilkada serentak tahun 2020 yang telah disepakati dan ditanda tangani dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). Anggaran untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur sebesar Rp220 Miliar,Kota Manado Rp41 Miliar, Kota Bitung Rp33 Miliar, Kota Tomohon Rp25,3 Miliar, Kabupaten Minahasa Utara Rp55 Miliar, Kabupaten Minahasa Selatan Rp59 Miliar, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Rp15,5 Miliar dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Rp17,2 Miliar.