Komisi IX DPR RI Meninjau Fasilitas dan Pelayanan Pasien BPJS di RSUP Kandou

Bagikan ke :

Manadosiana.net, MANADO – Komisi IX DPR-RI melakukan kunjungan terkait fasilitas dan pelayanan pasien BPJS di RSUP Prof dr. R. D. Kandou, Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut) Rabu (18/12/2019).

Rombongan yang dipimpin langsung Ketua Komisi IX DPR-RI, Felly Estelita Runtuwen,  tiba di RSUP Prof Kandou yang berlokasi di Jl. Raya Tanawangko, Kelurahan Malalayang Satu Barat, Kecamatan Malalayang, sekira pukul 17:50 WITA.

Dalam kunjungan kerjanya, rombongan Komisi IX DPR RI mengunjungi beberapa ruangan instalasi rumah sakit antara lain IGD, Irina Edelweis, Gedung Pusat Jantung, Pembuluh Darah dan Otak Terpadu, serta ruang Kelas I, II, dan III.

 

Ketua Komisi IX DPR RI, Felly Runtuwene saat berbincang dengan pasien di RSUP Prof kandou.(Foto: manadosiana.net)

 

Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene mengatakan, kunjungannya ke RSUP Prof Kandou bersama rombongan, ingin melihat langsung pelayanan para pasien BPJS yang dirawat di RSUP Prof Kandou.

“Kunjungan Komisi IX DPR RI ini adalah ingin melihat langsung langsung pelayanan BPJS seperti apa, pelayanan rumah sakit itu bagaimana, supaya tidak simpang siur. Makanya saya minta tadi dari IGD, kemudian melihat ke Kelas III, Kelas II dan VIP,” ungkapnya.

Meneruskan apa yang telah disampaikan oleh pihak RSUP Prof Kandou bahwa jumlah kamar Pasien BPJS kelas III tidaklah berbeda, Felly mengatakan, RSUP Prof Kandou harus menambah fasilitas kamar Kelas III, karena jumlah fasilitas kamar Kelas III di RSUP Prof Kandou belum memenuhi kuota yang dimintakan oleh Komisi IX DPR-RI kepada seluruh Rumah Sakit.

 

Ketua Komisi IX DPR RI, Felly Runtuwene saat bersama pasien di RSUP Prof kandou.(Foto: manadosiana.net)

 

 

“Karena di sini (RSUP Prof Kandou) baru 39%, kami justru meminta bahkan terakhir 60% untuk Kelas III. Karena dengan kenaikan BPJS dan sebagainya, Kelas I, Kelas II itu, bisa turun kelas. Jadi, pasti bisa meledak untuk Kelas III. Kira-kira seperti itu, dan kami sudah minta waktu rapat-rapat kemarin itu, kami minta setiap rumah sakit untuk menaikan fasilitas-fasilitas sampai 60%,” ujar Politisi dari Dapil Sulut usungan Partai NasDem.

Dilanjutkan Felly, terkait keterlambatan pembayaran BPJS kepada RSUP Prof Kandou. Menurut Felly masih sementara dalam tahap penyelesaian. Dirinya juga mengapresiasi pihak Dirut RSUP Prof Kandou, Dr. dr. Jimmy Panelewen, Sp.B-KBD yang telah membantu memberikan subsidi serta pelayanan yang prima kepada para pasien BPJS yang dirawat.

“Memang, kita ada utang begitu banyak, dan kemarin juga sementara bagaimana caranya untuk selesaikan. Karena, BPJS ini pasti ada hubungan dengan urusan pelayanan ke masyarakat. Itu, erat sekali hubungannya, biar juga tidak terhambat. Tetapi, luar biasa pak Direktur di sini, bisa memberikan subsidi juga ya, kekurangan dari BPJS pun dibantu. Jadi, tidak ada masalah untuk pelayanan itu,” tuturnya.

Untuk itu, kata Felly, Komisi IX DPR-RI berharap, pihak RSUP Prof Kandou untuk selalu bekerja maksimal melayani seluruh pasien-pasien. Ditegaskannya bahwa dikemudian hari dirinya pasti akan datang berkunjung untuk mengecek langsung untuk mengetahui seperti apa pelayanan RSUP Prof Kandou kepada pasien-pasien.

“Jadi, bukan dengan keadaan seperti ini. Saya bisa datang dengan resmi, bisa juga datang dengan tidak resmi untuk mengetahui bagaimana pelayanan kepada masyarakat Sulawesi Utara,” tegasnya.

, , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *