Ketua TP PKK Kota Bitung Khouni Lomban Rawung Fasilitasi Pelepasliaran Dua Ekor Piton Raksasa di Tasikoki

BITUNG39 Dilihat

manadosiana.net, BITUNG – Kepedulian Ketua TP PKK Kota Bitung Khouni Lomban Rawung (KLR) terhadap satwa terus dibuktikan.

Setelah sebelumnya terjun langsung dalam pelepasliaran puluhan hewan endemik asal Sulut, sikap serupa juga kembali dibuktikan Ketua TP PKK Kota Bitung sekaligus Duta Yaki Nasional ini, Senin (14/09/2020) dengan memfasilitasi langsung evakuasi dua ekor satwa liar jenis ular piton ke Pusat Penyelamatan Satwa Tasikoki.

Menurut Khouni Lomban Rawung, evakuasi kedua satwa yang diperkirakan sudah berusia 12 tahun, dilakukan agar pemilik ular tersebut mengurus ijin untuk memelihara dan merawat.

“Pak Walikota tadi mengapresiasi ada masyarakat yang senang mau merawat satwa liar, serta ada kesadaran mau menyerahkan satwa tersebut ke pemerintah mengingat kota Bitung sedang terjadi luapan air akibat curah hujan yang tinggi,” ungkap Khouni Lomban Rawung.

Diketahui, kedua ular piton yang diberi nama Chelsea dan Muna dengan panjang sekira 4-5 meter tersebut, dievakuasi karena pemiliknya tidak memiliki ijin, meskipun merawat Chelsea dan Muna dengan baik.

Di sisi lain, Kepala Seksi Wilayah I BKSDA Sulut, Yakub Ambagau yang turun langsung ralam evakuasi tersebut mengatakan, akan mengembalikan kedua ular piton tersebut kepada pemiliknya apabila telah mengurus perijinan.

“Satwa liar tak bisa sembarang dipelihara oleh masyarakat. Karena kedua ular ini dipelihara tanpa ijin maka kami akan evakuasi sementara ke Tasikoki. Kalau keluarga ini bersedia mengurus ijin secara resmi, maka akan segera kami kembalikan,” tukas Yakub.

(Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *