Ketambahan Satu Kasus Baru, Dandel: Relatif, Tapi Bukan Gambaran Sebenarnya dari Fakta Epidemiologi

Bagikan ke :

Manadosiana.net, MANADO –Senin (22/6/2020), Sulawesi Utara ketambahan satu kasus baru pasien terkonfirmasi positif Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), ini merupakan angka terkecil yang pernah diumumkan selama beberapa pekan terakhir. Hal tersebut dikarenakan tidak beroperasinya laboratorium pemeriksaan sampel pada Minggu (21/6/2020) kemarin.

“Untuk hari ini, Senin 22 Juni 2020, setelah sekian lama kita terupdate dengan jumlah kasus yang cukup signifikan. Maka, untuk pertama kalinya dalam beberapa minggu terakhir, kita hanya ketambahan satu kasus baru pasien terkonfirmasi positif COVID-19, untuk hari ini,” ucap juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Sulawesi Utara, dr Steaven Dandel, MPH, dalam jumpa pers melalui Vidcon, Senin (22/6/2020).

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Sulawesi Utara ini, menjelaskan, penambahan yang hanya satu kasus tersebut, disebabkan kegiatan pemeriksaan sampel di laboratorium pada hari Minggu (22/6/2020) kemarin, sempat tidak dilaksanakan, sehingga pada hari ini tidak ada ketambahan yang cukup bermakna dari kasus baru di Sulawesi Utara.

Penambahan satu kasus tersebut, kata Dandel, merupakan gambaran yang sangat relatif, namun tidak memberikan gambaran sebenarnya dari fakta epidemiologi. Karena, menurut dia, tidak beroperasinya pemeriksaan laboratorium, sehingga pada hari ini hanya ketambahan satu kasus baru pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19.

“Ini bukan berarti kondisi epidemiologi COVID-19 di Sulawesi Utara menunjukan tanda-tanda penurunan. Tapi, semata-mata, penurunan sifatnya relatif karena hasil pemeriksaan laboratorium pada hari ini tidak terumumkan, karena memang tidak ada pemeriksaan laboratorium  untuk kemarin hari (Minggu/21/6/2020 kemarin,” tandasnya.

Pada kesempatan itu juga, Dandel mengatakan, dengan adanya penambahan satu kasus, jumlah kasus positif COVID-19 yang pernah terjadi di Sulawesi Utara, dari bulan Maret 2020 sampai hari ini, total ada 854 kasus. Dandel merinci, dari 854 kasus tersebut, 639 diantaranya masih dalam perawatan dan, ada 147 kasus yang telah dinyatakan yang sembuh, karena sudah dua kali hasil pemeriksaan sampel Swab di laboratorium, hasilnya negatif.

“Sementara, untuk kasus yang meninggal dunia, sampai dengan saat ini berjumlah 69 kasus. Hari ini tidak dilaporkan adanya kasus yang meninggal dunia,” pungkas Dandel.

 

Berikut detail satu kasus baru pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Sulawesi Utara, per v22 Juni 2020:

Pasien 854: Perempuan 16 tahun, asal Kotamobagu. Yang bersangkutan adalah Kontak Erat Risiko Tinggi (KERT) dari kasus 828.

, , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *