Kajati Sulut Hadiri Peresmian Pengadilan Terpadu di Manado

Bagikan ke :
Kajati Sulut, Muhammad Syarifuddin saat menghadiri peresmian Pengadilan Terpadu di Manado

Manadosiana.net, Manado – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulut, Andi Muh Iqbal Arief menghadiri Peresmian Peradilan Terpadu di Manado dan 61 Pengadilan baru yang di resmikan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Dr. H. Muhammad Syarifuddin, SH. MH secara virtual dari Jakarta, Selasa (20/10/2020).

Dalam peresmian tersebut turut diserahkan dokumen hibah oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulut, Edwin Silangen mewakili Pjs. Gubernur Sulut kepada Ketua Pengadilan Tinggi Manado, Arief Supratman.

Turut hadir, unsur Forkopimda Sulut, Kapolda Sulut, Irjen Pol Drs. R.Z Putra Panca Simajuntak, Danrem 131/Santiago, Brigjen TNI Prince M. Putong, Danlantamal VIII Manado, Brigjen TNI (Mar) Donar Philips Rompas, dan Danlanudsri Manado, Kolonel Pnb Abram Tumanduk.

Termasuk pejabat terkait yang hadir, Kepala Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya, Brigjen TNI Hulwani, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulut, Lumaksono, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado, Chalidul Azhar, Walikota Manado, Godbless Sofcar Vicky Lumentut, bersama unsur Forkopimda Kota Manado.

Setelah mengikuti acara peresmian secara virtual, para hadirin mengunjungi masing-masing gedung Pengadilan Terpadu.

Adapun 6 gedung Pengadilan Terpadu yang diresmikan, mulai dari Gedung Pengadilan Tinggi Manado, Gedung Pengadilan Negeri Manado, Gedung Pengadilan Tinggi Agama Manado,  Gedung Pengadilan Agama Manado,  Gedung Pengadilan Militer III/17 Manado,  dan Gedung Pengadilan Tata Usaha Manado.

Pengadilan Terpadu yang ada di Manado ini merupakan pilotproject dari Mahkamah Agung dan merupakan yang terlengkap yang ada saat ini di Indonesia.

Kajati Sulut, Andi Muh Iqbal Arief mengapresiasi akan  adanya Pengadilan Terpadu di Sulut yang diresmikan oleh Ketua Mahkamah Agung RI.

Menurutnya, selain terbesar di Asia Tenggara, gedung Pengadilan Terpadu di Manado memiliki banyak manfaat dilingkungan pengadilan dan masyarakat.

“Tentunya ini sangat mempermudah para Jaksa dalam menangani perkara.  Juga buat masyarakat pencari keadilan ini juga sangat membantu karena hanya berada di satu tempat saja,” katanya.

Pengadilan Terpadu ini berada di Jalan Adipura Kelurahan Kima Atas Kecamatan Mapanget Kota Manado. Acara Peresmian pun menerapkan Protokol Covid-19.

(***/Anes Tumengkol)

,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *