Rayakan HUT Ke-II Tahun, FIGMS Gelar Baksos Peduli Lingkungan

DAERAH, NEWS26 Dilihat

Manadosiana.net, SANGIHE – Dalam rangka memperingati hari ulang tahun yang kedua, Forum Ilmiah Generasi Muda Sangihe (FIGMS), menggelar Bakti Sosial (baksos) pada Sabtu, (29/8/2020).

Adapun tema yang diangkat adalah ‘Pentingnya Menjaga serta Melestarikan Lingkungan dari Sampah Plastik Guna Masa Depan Bersama’.

Kegiatan baksos tersebut digelar di dua titik lokasi, yakni di pantai Kolongan Akembawi, Tahuna Barat dan di kampung Tiwelo, Tabukan Selatan, Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Ikshan Tempongbuka, Ketua FIGMS mengatakan kegiatan baksos yang digelar di Kampung Tiwelo, bekerja sama dengan Komunitas Pecinta Alam (KPA) Arenga Pinatta yang merupakan sekumpulan anak muda yang memiliki tujuan dan hobi pada kegiatan outdoor.

“Tujuan kerja sama adalah untuk membangun tali persaudaraan dari kedua organisasi ini. Dengan kegiatan pembersihan jalur air di Kampung Tiwelo,” jelas Ikshan.

Senada dengan itu, Ketua KPA Arenga Pinatta, Jenli makikendage, mengatakan semangat dari teman-teman anggota yang hadir adalah untuk lebih mengenal dekat lingkungan sekitar.

“Tidak hanya meningkatkan rasa kepedulian tapi juga sadar, bahwa banyak hal yang menarik dan patut dijadikan perhatian di sekitar kehidupan kita,” ujar Jenli.

Kegiatan Pembersihan Jalur Air di Kampung Tiwelo

Sementara itu, kegiatan baksos yang digelar di Pantai Kolongan Akembawi, sebagai bentuk kerja sama dengan Siswa Pecinta Alam (SIPALA) SMK Negeri 1 Tahuna dan Siswa Pecinta Alam (SISPALA) SMA Negeri 2 Tahuna.

Ketua SIPALA, Lahia Mandalika menyampaikan bahwa, kerjasama yang dibangun guna menyukseskan hari lahir FIGMS, terlebih membangun semangat menjaga akan kelestarian alam.

“Kegiatan tersebut diharapkan, bisa mendorong kaum muda serta masyarakat, untuk lebih memperhatikan pentingnya hidup sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan,” ucap Lahia.

Adapun sekertaris organisasi menyampaikan bahwa, kegiatan tak bisa dilaksanakan serentak karena keterbatasan anggaran, serta akses yang cukup jauh membuat kegiatan dilaksanakan dibeberapa kecamatan sesuai dengan koordinasi yang sudah dibangun dengan struktur serta anggota FIGMS yang ada.

“Sehingga anggota FIGMS yang ada di Tahuna Barat mengadakan kegiatan baksos yang bertitik di pantai Kolongan Akembawi, dan anggota yang berada di Tabukan Selatan menggelar kegiatan di Kampung Tiwelo,” jelas Hayati Salmon.

 

Kegiatan Pembersihan Pantai Kolongan Akembawi

Ketua penggerak kegiatan, Iver Abram menyampaikan bahwa kegiatan tersebut mampu berjalan sesuai dengan rencana yang ada.

“Hal tersebut tak lepas dari kerjasama yang baik terbangun dari semua lini yang hadir saat itu, serta semangat untuk membangun bangsa yang bebas akan sampah plastik, terlebih khususnya Kabupaten Kepulauan Sangihe,” tutur Iver.

Di lain hal, Alpianus Tempongbuka selaku pengarah organisasi, mengatakan yang membuat sulitnya kegiatan tersebut tidak diadakan bersama, karena mematuhi protokol kesehatan yang ada untuk penanganan Covid-19 tetapi, yang paling penting menurutnya adalah suksesnya akan rencana kegiatan tersebut.

“Suatu keyakinan besar bahwa dari kegiatan tersebut mampu melahirkan semangat kaum muda soal keperdulian akan lingkungan,” tandasnya.

Diketahui, FIGMS merupakan organisasi kepemudaan yang anggotanya berasal dari Kabupaten Kepulauan Sangihe yang menempuh pendidikan di Kota Manado.(Mineshia Lesawengen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *