Program PKM FMIPA Unsrat: Sampah Daun Diolah Jadi Kompos, Bermanfaat untuk Pupuk Tanaman Hias

Bagikan ke :

Manadosiana.net. MANADO – Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Fakultas MIPA, Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) terus menunjukan peranan para akademisi di tengah masyarakat, sebagai bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Seperti yang dilakukan oleh Dr Ratna Siahaan Msi, dosen Jurusan Biologi dan Prof. Dr. Julius Pontoh dosen Jurusan Kimia, yang mengolah sampah daun yang ada seputaran kampus kleak untuk menjadi kompos dengan menggunakan mikroba aktivator.

Dr Ratna Siahaan, Msi mengatakan, sampah daun yang berasal dari tanaman terutama pepohonan yang ada di Universitas Sam Ratulangi Kampus Kleak, selama ini masih sering langsung dibuang dan tidak dimanfaatkan.
Bahkan, pembakaran sampah daun justru menyumbang pelepasan unsur karbon yang turut meningkatkan gas-gas rumah kaca yang dapat meningkatkan suhu bumi.

Untuk itu, Siahaan mencoba meminimalisirnya dengan memanfaatkan sampah daun-daunan tersebut menjadi kompos menggunakan mikroba aktivator.

“Hasil kompos ini akan dimanfaatkan sebagai unsur hara bagi tanaman hias,” kata Siahaan.

Lanjut menurut Siahaan, mahasiswa sebagai mitra memperoleh kesempatan turut serta dalam pembuatan dan pemasaran kompos. Kegiatan ini dilakukan di Fakutas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Unsrat.

“Kegiatan ini juga dibantu oleh Unit Kegiatan Mahasiswa “Lingkungan”, Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi ‘Hirosi” dan Himpunan Mahasiswa Kimia “Himakim” FMIPA Usnrat. Sementara kegiatan ini didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unsrat,” kata Siahaan yang merupakan ketua program ini.

nani

, , , , , , , , ,

About Admin Manadosiana

View all posts by Admin Manadosiana →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *