Sudah 8 Pasien Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Sulut

HEADLINE, MANADO25 Dilihat

Manadosiana.net, MANADO- Kasus pasien terkonfirmasi positif penyakit Corona Virus Disease 2019 atau biasa disingkat COVID-19 di Sulawesi Utara (Sulut), Selasa (7/4) bertambah tiga kasus baru. Dengan demikian, total sudah ada 8 orang pasien positif secara akumulatif.

Juru bicara Satgas COVID-19 Sulut, dr Steaven Dandel menyebutkan, tiga pasien terkonfirmasi ini merupakan transmisi lokal karena sama sekali tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar atau ke daerah-daerah yang sudah ada kasus positif COVID-19.

Dandel merinci, tiga orang pasien positif ini berasal dari Kota Tomohon berjenis kelamin pria berusia 65 tahun, Kabupaten Minahasa Utara (Minut) berjenis kelamin wanita berusia 65 tahun dan Kota Manado, seorang pemuda berusia 20 tahun.

“Ketiganya tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah,” kata Dandel, Selasa (7/4) malam ini.

Dandel menjelaskan, untuk pasien terkonfirmasi asal Kota Tomohon adalah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang telah meninggal sebelum hasil swab keluar.

Sementara, pasien terkonfirmasi asal Minut walaupun tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah, tetapi memiliki riwayat kontak erat risiko tinggi dengan keluarga yang datang dari luar daerah. Begitu juga dengan pasien terkonfirmasi asal Manado yang memiliki kontak erat dari pasien terkonfirmasi COVID-19 yang telah dirawat sebelumnya.

Dandel mengakui, dengan adanya bukti transmisi lokal tersebut, kini Kota Manado di Sulawesi Utara, telah ditetapkan menjadi daerah transmisi lokal, yang artinya sudah ada bukti penyebaran terjadi di dalam daerah tanpa ada riwayat perjalanan.

“Maknanya adalah, setiap warga Kota Manado harus antisipasi, bisa saja kemungkinan di sekitar kita ada orang bisa berpotensi menularkan. Tapi, bukan berarti semua membawa COVID-19. Artinya kita waspada dan patuhi anjuran yang sudah ada,” tutur Dandel kembali.

kumparan/febry kodongan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *