Rio Dondokambey Jadi Pemateri Kewirausahaan: Untuk Pemuda, Pertama itu Modal Nekat

Bagikan ke :

Manadosiana.net, Manado – Ketua KNPI Sulut, Rio Dondokambey yang juga Ketua Umum Kadin Sulut menjadi salah satu pemateri di pelatihan Kewirausahaan Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) Bagi Generasi muda Kristen menuju Sulut Hebat dan Maju, Senin (14/6/2021).

Selain Rio Dondokambey, Ketua GAMKI Sulut Deby Suma, Ketua Pemuda SAG SulutTeng Peggy Mekel, Kadis Koperasi dan UKM Sulut Ronald Sorongan, dan Dirut Bank SulutGo Revino Pepah juga menjadi narasumber.

Kegiatan tersebut digelar GAMKI Sulut dengan bekerjasama bersama KNPI Sulut, Bank SulutGo, dan Pemerintah Sulut.

Pada kesempatan itu, Rio Dondokambey mengatakan, pekerjaan yang dibangun sendiri merupakan usaha seorang pengusaha bukan gampangan.

“Untuk Pemuda, pertama itu modal nekat. Jadi teman-teman bisa menggunakan modal nekat untuk berusaha dengan memanfaatkan skill masing-masing. Karena pengusaha itu kerja yang mulai. Karena pengusaha itu bisa menggerakkan ekonomi. Apalagi bisa memperkerjakan orang, ” Kata Rio.

Tambahnya,  jika ada usaha baru yang dibuka, hal itu berarti motor ekonomi di Sulut bergerak. Memang untuk menjadi pengusaha itu beda-beda tujuan. Mulai dari ingin kerja, kaya, mandiri, dan membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

“Intinya buka usaha dulu. Kita cukup beruntung karena pemerintah provinsi dan rakyat kita terbuka dengan para wirausaha. Dan no 1 di bisnis ialah hospitality atau pelayanan baik untuk jadi para calon pengusaha, ” Ujarnya.

Rio pun mengingatkan kepada semua orang agar jangan pernah memandang rendah usaha orang.

“Contoh orang jualan durian. Dia sebenarnya pengusaha durian dengan dijualnya sendiri. Karena itu bentuk usahanya. Terus kiranya Bank Sulut bisa bantu para wirausaha dengan kredit. Tapi kalau dibantu mesti digunakan benar usaha. Dan bagi pemuda yang ingin jadi pengusaha harus mempersiapkan diri baik-baik karena ini tidak mudah, ” Kuncinya.

Sementara itu, Dirut Bank Sulut Revino Pepah mengingatkan bagi para pemuda kalau ingin berusaha mesti minta hikmat kepada Tuhan.
“Terus berbisnis dulu dari pasion. Jadi hobi masak, ya buka rumah makan, ” Ujarnya.

, ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *