Dua Event Bertaraf Internasional Siap Dihelat di Minahasa Utara, Memperebutkan Hadiah Miliaran Rupiah

Bagikan ke :

MANADO –  Koni Sulawesi Utara (Sulut) melalui Pengurus Daerah (Pengda) Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) di Sulut serta Forum Komunikasi Persatuan Kaum Bapa Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (FK PKB PGI) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, akan menggelar dua event internasional. Event yang akan berlangsung mulai 1 sampai 3 Juli 2021 ini akan mengembangkan potensi pariwisata di Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas di Indonesia.

Ketua Panitia, Alvin Taulu mengatakan, kegiatan ini Guna meningkatkan perkembangan ekonomi khususnya dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, pemerintah melakukan terobosan dengan membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) di berbagai wilayah Indonesia. Secara umum, dia bilang, menurut Peraturan Pemerintah RI Nomor 2 Tahun 2011 tentang penyelenggaraan KEK Pasal 1 ayat 1, KEK adalah kawasan tertentu di Indonesia yang ditetapkan menyelenggarakan fungsi perekonomian, dan memperolehfasilitas tertentu.

“Sebagaimana diketahui bersama berkat lobi Pak Gubernur Sulut Olly Dondokambey untuk mendukung mengembangkan pariwisata di Kabupaten Minahas Utara menjadi new destination , sehingga Likupang menjadi salah satu destinasi wisata super prioritas oleh Presiden Joko Widodo melaljui Kementerian Pariwisata. Ini yang kami coba eksplore lebih dalam untuk mengembangkan tourisme di wilayah likupang Kabupaten minahasa utara,” katanya dalam konferensi pers di RM Pondok Hijau, Manado, (Sabtu 24/4) malam.

Alvin menjelaskan, dua event bertaraf internasional itu bertajuk “Likupang International Underwater Photography Competition 2021” dan FK-PKB PGI Charity Golf Turnament, memperebutkan Piala Menteri Hukum dan Ham, Yasona Laoli, Menpora, Menparekraf Sandiaga Uno dan Gubenrur Sulut Olly Dondokambey, Ketua Panitia dan Piala dari Ketua Koni Sulut Steven OE Kandouw. Pada event Charity Golf Turnament, para peserta akan memperebutkan hadiah dengan total miliaran rupiah yang telah disediakan oleh pihak panitia dan sponsor.

“Pada event golf kategori Holes In One Memperebutkan mobil Lexus, Mobil Mercedes Benz, BMW Fortuner dan doorprize satu unit motor Harley Davidson. Handphone alat elektronik dan lainnya,” katanya.

 

Lebih lanjut, Alvin menjelaskan, event ini akan menerapkan protokol kesehatan yang super ketat, dimana, kata dia, untuk mencegah penyebaran SARS-CoV-2, semua peserta yang akan mengikuti event ini akan dilakukan Rapid Te Antigen, untuk memastikan kondisi kesehatan para peserta. Jumlah peserta pun akan dibatasi. Hal itu untuk menecgah terjadinya kerumunan. Untuk event Charity Golf Turnament, dibatasi hanya sebanyak 150 peserta. Sedangkan untuk Underwater Photography sebanyak 50 peserta.

“Kegiatan yang akan kami lakukan akan menerapkan standar protokol kesehatan yang super ketat. Kami tidak akan mengangap remeh persoalan itu, tapi akan menjadi hal yang sangat utama di kegaiatan ini. Semua peserta dipastikan akan melakukan Rapid Tes Antigen sebelum mengikuti perlombaan,” katanya.

Adapun untuk teknis kegiatan ini akan berlangsung pada 3 Juli 2021 di Hotel Casa Baio, Likupang Kabupaten Minahasa Utara. Kegiatan itu akan dilangsungkan selama satu hari.

“Dimana kami akan mengundang para golver nasional dan komunitas untuk dapat bergabung mengikuti event ini,”

Khusus untuk Underwater Photography, dia bilang, akan dimulai pada tanggal 1 Juli. 1 Juli, katanya, akan dimulai dengan sesi penilaian. Untuk finalisasi akan dilakuakan pada tanggal 3 Juli 2021. Dijelskannya, seluruh peserta akan didampingi dua orang dari pihak Panitia. Itu kata dia sudah menjadi persyaratan untuk memastikan keselamatan para peserta lomba.

“Karena lomba ini sangat ekstrim, seluruh peserta akan turut didampingi masing-masing dua orang dari pihak panitia. Likupang adalah wilayah destinasi baru yang perlu kami eksplore lebih dalam, namun unsur kehati-hatian lebih tinggi,”

Kegiatan ini akan diikuti para peserta dari luar negeri, kami juga mengundang jurinya pun berasal dari luar Indonesia. Hasil foto nanti akan tayang di majalah diving internasional. Panitia juga akan menyiapkan link khusus pendaftaran untuk para peserta yang ingin mengikuti event ini.

Alvin mengungkapkan, dengan diselenggarakan event ini adalah untuk mendukung Likupang Minahasa Utara dan Sulawesi Utara. Menurutnya,event ini berdampak besar bagi pariwisata di Likupang di masa pandemi COVID-19.

“Kita hanya bicara tentang masalah ekonomi, tapi juga tentang kepercayaan diri. Banyak event olahraga terkait pariwisata dilaksanakan di masa pandemi. Namun untuk maslah protokol kesehatan dan travel masih ditakutkan. Oleh karena itu kita bangun kepercayaan diri, apabila ini berhasil, maka efeknya akan sangat luas, masyarakat, atlet serta maskapai akan lebih percaya diri. Ini akan menimbulkan efek luas di wilayah Sulut.

Dengan terlaksananya event bertaraf internasional ini, Alvin berharap, Likupang akan menjadi kunjungan wisata favorit kedepan.

“Kegiatan ini untuk memulihkan semangat dalam menghadapi pandemi COVID-19 serta menciptakan kondisi yang lebih optimis. Yang perlu digarisbawahi, juri dan peserta yang datang dari luar negeri akan dilakukan pemeriksaan yang cukup ketat,” katanya.

Sementara, Wakil Gubernur Sulut, Steven OE Kandouw menyampaikan apresiasi kepada pihak penyelenggara. Menurut Wagub, kegiatan yang digagas oleh Pengda Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Sulawesi Utara yang telah mengagas kegiatan ini. Wagub bilang, Pemprov Sulut akan mendukung penuh event ini. Wagub berharap event ini didukung penuh juga oleh semua stakeholder.

“Ini (Event) betul-betul luar biasa. Ini hebat. Ini akan menjadi roll model. Ini adalah bagian dari tekad pak gubernur olly dondokambey untuk menjadikan sulut spot tourism, yang di provinsi lain tidak ada, di sulut ada,’’ ujar Wagub Sulut Steven OE Kandouw.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *