KPU Bolomong Kolaborasi AMSI Sulut Gelar Pelatihan Jurnalistik, Hadirkan Dua Jebolan Google

BOLMONG RAYA37 Dilihat

MANADO – KPU Bolmong kolaborasi dengan Asosiasi Media Siber Indonesia atau AMSI Wilayah Sulut  menggelar kegiatan Pelatihan Jurnalistik. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, 22 hingga 23 Agustus 2024 di Novotel, Manado, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas tat kelola informasi kepada staf sekretariat KPU Bolmong.

Kegiatan dibuka secara Ketua KPU Sulut, Kenly M Poluan, didampingi Anggota KPU Sulut, Meidy Tinangon, Salman Saelangi, Awaluddin Umbola dan Plt Sekretaris KPU Sulut, Meidy Malonda. (22/8).

Dalam sambutan, Kenly menyampaikan program edukatif ini sangat bermanfaat, guna meningkatkan kemampuan dalam penyusunan berita maupun pengelolaan media sosial serta penyajian informasi penyelenggaraan Pilkada di lingkungan KPU.

Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM, Awaluddin Umbola, menyampaikan pelatihan dimaksudkan sebagai upaya mendorong penyebaran informasi kepemiluan kepada masyarakat menjadi lebih maksimal lagi. Sejauh ini sebut Awaluddin, distribusi informasi ke khalayak dilakukan lewat akun resmi media sosial milik KPU, juga website

“Harapannya dengan pelatihan ini dapat meningkatkan pelayanan kita kepada masyarakat luas dalam kapasitas kita sebagai lembaga penyelenggara Pemilu, khususnya dalam hal penyajian informasi terkait penyelenggaran Pilkada 2024 secara akurat dan terukur,” kata dia.

Sementara, Komisioner KPU Bolmong Sandi Satria Dama mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat, palagi terkait penyabarluasan informasi kegiatan-kegiatan KPU Bolmong.

“Kegiatannya sangat positif, lewat materi yang disampaikan paling tidak KPU Bolmong bisa memahami prinsip dasar jurnalistik, regulasi pers dan mendapat pemahaman komprehensif untuk mempublikasikan berbagai tahapan Pilkada ke masyarakat,” kata Komisioner KPU Bolmong Sandi Satria Dama didampingi Kasubbag Hukum dan SDM selaku Pelaksana Tugas Sub-Bagian Parmas, Evie Jane Indria dan Staf Pelaksana sebagai Operator, Faradilla Mokoginta.

Dalam kegiatan menghadirkan Ketua Bidang Organisasi AMSI Sulut, Asrar Jusuf dan dua trainer jebolan Google Indonesia masing-masing Findamorina Muhtar dan  Ronny Buol.

Saat kegiatan, mereka memaparkan beberapa materi diantaranya, pengenalan Jurnalisme Data dan Penggunaan Aplikasi untuk Visualisasi, pengenalan Cek Fakta dan Tools yang Digunakan Untuk Mereduksi Mis dan Dis Informasi. Tidak hanya terfokus pada teori, para peserta juga diajak untuk melakukan simulasi dalam peliputan maupun penulisan berita.

Kegiatan yang diikuti Komisioner, Kasubbag dan Staf Pelaksana KPU Kabupaten/Kota itu melibatkan sejumlah narasumber berpengalaman di bidang jurnalistik. Mereka, Yoseph Ikanubun membawakan materi Hukum Pers, Ketua AMSI Sulut Ady Putong dengan materi Teknik Wawancara, Supardi Bado membawakan Teknik Pengambilan Video Mendukung Sajian Informasi dan Agust Hari lewat pendalaman Teknik Menulis Rilis Berita.

Komentar