Soal Pengadaan Barang/Jasa, Malonda: Kami Profesional, Tak ada Minta-minta Fee

NEWS44 Dilihat

MANADO – Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris KPU Provinsi Sulawesi Utara, Meidy Malonda menegaskan pengadaan barang/jasa di KPU Sulut tidak ada namanya bagi-bagi fee dan kalau kedapatan kami akan langsung tindak. Semuanya berjalan sesuai mekanisme

“Kami akan proses hukum kalau ada yang bermain minta – minta fee dalam proses pengadaan barang dan jasa,” tegas Malonda saat menjadi narasumber dalam Penyuluhan Produk Hukum yang digelar KPU Sulut di Luwansa Hotel Manado, Kamis (15/8/2024).

Dia pun menyampaikan materi tentang pokok-pokok pengadaan jasa iklan, dia menegaskan kembali bahwa KPU Sulut melakukan pengadaan barang/jasa secara profesional.

“Kami bekerja profesional dan di dalamnya tidak ada yang namanya komitmen fee antara pihak ketiga dan jajaran KPU Sulut. Termasuk kaitan dalam jasa iklan dengan media,”ungkap dia.

Lanjutnya lagi, Kalau kedapatan ada oknum yang minta-minta fee langsung kita tindak.

“Pengadaan barang dan jasa ini mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 12 tahun 2021 tentang perubahan atas Peraturan Presiden nomor 16 tahun 2018 tentang Barang/Jasa Pemerintah, dan semua melalui E.Catalog, ujarnya.

Dia menambahkan, Pada dasarnya tujuan pengadaan yakni mendorong pengadaan berkelanjutan. Mendorong pemerataan ekonomi. Meningkatkan keikutsertaan industri kreatif. Meningkatkan penggunaan produk dalam negeri. Meningkatkan peran serta UMKM. Meningkatkan peran pelaku usaha nasional. Serta mendukung pelaksanaan penelitian dan pemanfaatannya.

Malonda mengapresiasi kerja sama antara KPU Sulut dengan media yang memberi informasi tahapan-tahapan Pilkada yang sedang berlangsung maupun sosialisasi lewat pemberitaan juga iklan. Dimana iklan yang disampaikan kepada masyarakat berfungsi untuk memberi informasi, kontrol, mendidik masyarakat, menghubungkan / menjembatani antara Pemerintah dan masyarakat, serta memberikan hiburan.

Komentar