KPU Sulut Gelar Media Gathering, Ini yang Dibahas

NEWS29 Dilihat

MANADO – KPU Sulut menggelar media gathering dengan tema Mewujudkan Sukses Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih dan Data Pemilih Berkualitas dalam Pilkada 2024, di Rumah Kopi K-8, Kota Manado, Rabu (10/07/2024),

Dalam sambutannya, Ketua KPU Sulut, Kenly Poluan menyampaikam , proses Coklit yang sementara berlangsung baik. Kendala-kendala yang dihadapi di lapangan pun bisa diatasi, dan kini capaian coklit di Sulawesi Utara sudah mencapai 99 persen.

Lanjut Kenly mengatakan, pemutakhiran data pemilih adalah tahapan strategis dalam Pilkada.

“Partisipasi pemilih merupakan salah satu parameter kualitas Pemilu, termasuk Pilkada kali ini,” jelas Kenly.

Bertindak sebagai moderator Komisioner KPU Sulut, Lanny Ointu dan menghadirkan narasumber anggota DKPP RI, Muhammad Tio Aliyansha, Ketua Bawaslu Sulut, Ardiles Mewoh, Akademisi Dr Ferry Liando.

Muhammad Tio Aliyansha mengapresiasi penyelenggara baik KPU dan Bawaslu Sulut dalam jalannya pemilu 2024. Dia berharap pada pelaksanaan Pilkada, pihak penyelenggara juga bekerja profesional dan berintegritas.

Tidak hanya komisioner dan badan adhoc, jajaran sekretariat juga harus menaati kode etik dalam penyelenggaraan Pilkada.

Ketua Bawaslu Sulut, Ardiles Mewoh menyampaikan beberapa hal terkait pemutakhiran dana pemilih. Dirinya mengingatkan jajaran KPU, tidak hanya mengejar realisasi capaian coklit tapi juga kualitas hasil coklit tersebut.

Dekan Fisip Unsrat, Dr Ferry Daud Liando mengatakan peran masyarakat sangat penting karena output pilkada juga untuk kepentingan masyarakat.

“Suksesnya pilkada juga butuh peran aktif masyarakat. Ayo peran media untuk selalu mengingat-ingatkan terus kepada masyarakat agar mengambil peran terlebih saat ini dalam tahapan pemutakhiran data pemilih,”ucap Liando.

Sementara, Ketua Divisi Perencanaan dan Data Informasi KPU Sulawesi Utara, Lanny Ointu mengatakan, pihaknya tak sekadar mengejar kuantitas.

Disampaikan Lanny, tahapan pemutakhiran data masih berlangsung hingga 24 Juni.

Pihaknya menghimbau pemilih agar proaktif jika belum didatangi Pantarlih.

Komentar