Terjadi di Manado, ODGJ Lansia Dikejar dan Diancam Pakai Parang, Keluarga Lapor Polisi

manadosiana.net, MANADO – James Rumondor (66) Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ), di kejar dan diancam pakai parang oleh diduga tetangganya berinisial JH alias Jhon. Kejadian itu terjadi di Kelurahan Tanjung Batu Lingkungan IV, Kecamatan Wanea, Kota Manado, Sulawesi Utara, Kamis (18/11).

Dari informasi yang didapat, persoalan itu terjadi karena JH merasa tersinggung karena dimaki oleh James, waktu ODGJ ini sedang mencari daun pepaya untuk keperluan memasak.

“kemarin (Kamis), sekitar pukul 12:00 WITA, kebiasaan james, hampir setiap hari dia mencari daun pepaya, lokasinya hanya dibelakang rumah, James kemudian berpapasan dengan Jhon. Jhon ini kemudian menegur James. James ini kan, kalau dia datang bulan, dia sering bicara sendiri, maki-maki sendiri, dan menurut Jhon, James mengucapkan kata makian kepada Jhon, saya tidak tahu apakah itu benar atau tidak, yang pasti siang itu banyak tetangga melihat James sudah dikejar pakai parang oleh Jhon,” ucap Jully Roring yang merupakan adik ipar James, ketika dihubungi, Jumat (19/11/2021).

Dikatakannya, Jhon mengejar James hingga di pintu rumah. Setiba di rumah, kemudian menurutnya, Jhon sempat menodongkan parang itu di lehernya James. Beruntungnya, Jhon tidak sampai melukai James, karena Jully bilang, sempat dimarahi oleh ibunya yang saat itu menyaksikan kejadian tersebut.

“Dia (Jhon) kejar sampai di pintu masuk rumah, di rumah, jhon sempat todongkan parang di lehernya James, itu menurut kesaksian anak dan mama saya, kejadian itu juga disaksikan oleh tetangga-tetangga kompleks. Saat Jhon menodongkan parang di leher James, ibu saya kemudian memarahi Jhon, ibu saya bilang, kenapa mau ladeni orang kayak begitu (ODGJ), dan untunglah akhirnya si Jhon tidak sempat melukai kakak ipar saya,” katanya.

Dirinya sangat menyesalkan ada orang yang memperlakukan kakak iparnya seperti itu. padahal dia bilang, meski James ODGJ, tapi orangnya baik dan rajin dan menurut kalau disuruh. Jully bilang, James ODGJ sudah puluhan tahun.

“Ini sudah keterlaluan, perlakuan Jhon ini sudah lewat batas, padahal kakak ipar saya itu, orangnya biar kasihan ODGJ, tapi dia sangat rajin, tetangga-tetangga sering menyuruhnya, sealau dia turuti. James itu dikenal baik. James sudah sekitar 40 tahun sakit,” pungkasnya.

Persoalan ini sudah dilaporkan ke pihak berwajib dalam hal ini Kepolisian, dan sudah dibuatkan Laporan Polisi dengan nomor LP/B/144/IX/2021/SPKT/POLSEK Wanea/POLRESTA MANADO/POLDA. Jhon sudah diamankan pihak berwajib untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

, , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *