Tuama Kanaan Bentuk Posko Pencegahan Covid-19

Manadosiana.net, Minahasa –¬†Organisasi kepemudaan Tuama Kanaan membentuk Posko Pencegahan Covid-19 di depan pintu masuk Desa Kiawa I Utara Kawangkoan Kabupaten Minahasa, pada rabu (8/4/2020).

Trivena Yedija Putra Karinda, selaku koordinator posko pencegahan Covid-19 mengatakan tujuan dibentuk posko tersebut adalah karena menurutnya virus Corona atau Covid-19 bukan hal sepele.

Pemuda yang kerap disapa Tri mengatakan, setiap orang yang masuk ke Desa Kiawa I Utara akan mereka tindak sesuai arahan tim kesehatan penangan Covid-19 Kawangkoan.

“Orang-orang yang dari luar Desa kiawa 1 Utara yang akan masuk ke desa kami, akan kami tindak sesuai arahan dari tim kesehatan penanganan Covid-19 Kawangkoan Utara yaitu untuk mencuci tangan dan wajib memakai masker, jadi orang yang datang tanpa memakai masker, kami sediakan masker kain di posko,” jelasnya.

Dia juga menambahkan untuk kendaraan yang masuk akan disemprot disinfektan, selain itu mereka juga memberikan sosialisasi untuk tetap menjaga jarak.

“Untuk tiap kendaraan yang masuk ke Desa Kiawa harus disemprot disinfektan sekaligus memberikan sosialisasi singkat agar tetap menjaga jarak dengan masyarakat, dan kalau ada masyarakat luar Desa Kiawa harus menunjukan lembar surat kesehatan yang berlaku jika tidak ada tidak akan diizinkan masuk,” pungkas Tri.

Dari dua pintu akses masuk desa mereka jadikan hanya satu akses saja untuk pemperketat pengawasan mereka.

“Sebagai masyarakat desa untuk mengantisipasi penyebaran virus ini agar tidak masuk kemasyarakat desa, jadi kita perketat akses kaluar masuk desa,” tegas sekretaris Tuama Kanaan ini.

Dia berharap masyarakat semakin sadar bahwa Covid-19 bukan masalah yang sepele, dan juga berharap desa-desa lain bisa ikut serta membuat posko pencegahan penyebaran virus corona.

“Masyarakat bisa mematuhi himbauan serta kebijakan yang dibuat pemerintah. Dan juga berharap desa-desa yang lain bisa mengambil contoh desa Kiawa I Utara dalam menyikapi pencegahan Covid-19 ini. Dan pasti selalu mengingatkan pada kita semua untuk tetap bersandar dan selalu memohon pada Tuhan agar virus ini cepat berlalu,” harap Tri.

Pembentukan posko oleh Tuama kanaan ini bekerjasama dengan Pemerintah Desa Kiawa I Utara, dan mendapat support dari pemerintah Desa.

“Pemerintah Desa mensupport kami dengan topangan dana agar kegiatan ini bisa berjalan dengan baik, bahkan Bendahara Desa, Bapak Revoli Palar turun langsung membantu pembangunan posko sekaligus memberikan sosialiasi langsung pada masyarakat,” bebernya.

Diketahui, posko dibuka pukul 07.00 WITA sampai 20.00 WITA, diluar jam itu tidak ada lagi akses keluar masuk. Juga tersedia tempat pengaduan bagi masyarakat atau tamu yang mungkin masuk atau keluar desa di atas jam 10 malam telah disediakan Nomor HP yang bisa dihubungi.(Mineshia)

, , , ,

About Mineshia Lesawengen

Mineshia Lesawengen akrab disapa Neshia adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Sudah tertarik menjadi jurnalis sejak duduk di bangku SMA
View all posts by Mineshia Lesawengen →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *