Pemprov Sulut Prioritaskan Kartu Prakerja Untuk Warga Terdampak Corona

Manadosianan.net, MANADO- Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Utara, Ir. Erny Tumundo, M.Si mengatakan ada kuota 49 ribu kartu pra kerja yang diberikan oleh pemerintah pusat ke Sulawesi Utara. Kartu pra kerja ini akan membantu para pencari kerja mendapatkan keterampilan sebelum memasuki dunia kerja.

Dikatakan Tumundo, khusus untuk periode kali ini, pihaknya akan memprioritaskan pemberian kartu pra kerja ini kepada masyarakat yang terdampak corona terutama para pegawai yang mendapatkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan para pekerja yang dirumahkan akibat dampak virus corona.

‚ÄúDari 49 ribu kuota itu, tentunya kita akan memprioritaskan kartu pra kerja untuk yang sudah terdampak corona. Ini untuk membantu mereka,” kata Tumundo.

Dikatakan Tumundo, saat ini pihaknya tengah melakukan pendataan jumlah tenaga kerja yang terdampak penyebaran virus corona, baik yang langsung mendapatkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) maupun yang dirumahkan tapi tidak di gaji.

“Saat ini, sudah ada ribuan pekerja yang masuk kategori terdampak virus corona baik PHK dan dirumahkan. Angka ini bisa bertambah, karena pemerintah terus melakukan pendataan,” tutur Tumundo.

Namun demikian, pihaknya tetap membuka pendaftaran secara umum, dimana semua masyarakat diberikan kesempatan yang sama untuk mendapatkan kartu pra kerja yang merupakan program utama dari presiden Joko Widodo pada periode kedua kepemimpinannya tersebut.

“Caranya mudah, masyarakat bisa mendaftar langsung di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi maupun dilakukan pendaftaran secara online di website resmi pemerintah,” tutur Tumundo kembali.

kumparan

About Admin Manadosiana

View all posts by Admin Manadosiana →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *